Kebun Percobaan Banjarsari

Kebun Percobaan Banjarsari (1)Kebun Percobaan (KP) Banjarsari berdiri sejak tahun 1955 dan merupakan kebun satu-satunya koleksi plasma nutfah anggur yang terlengkap di Indonesia, letak kebun percobaan Banjarsari sangat strategis yaitu terletak di sebelah barat kota Probolinggo  yang menghubungkan antara Kota Surabaya/Jember dan Banyuwangi. KP Banjarsari luasnya 4,76 Ha dengan jenis tanah alluvial dan tinggi tempat 4 mdpl. Iklim di daerah ini bercurah hujan rata-rata/tahun 1.200 mm dengan hari  hujan rata-rata/tahun 90 hari. Suhu udara rata-rata/tahun 28 C dengan suhu minimum 21 C dan suhu maksimum 34 C, kelembaban nisbi rata-ratanya 76 %.

Kebun Percobaan (KP) Banjarsari selama ini dikenal sebagai koleksi anggur terlengkap di Indonesia. Namun saat ini (2014), selain anggur KP Banjarsari dijadikan pula sebagai kebun koleksi plasma nutfah lengkeng dataran rendah dan jeruk. Penanaman plasma nutfah lengkeng dan jeruk untuk mengoptimalkan lahan dan sebagai upaya optimalisasi karakterisasi yang selama ini dilakukan di dataran tinggi.

Kebun percobaan Banjarsari sebagai “show window” dan pendukung tupoksi balai telah melestraikan sedikitnya 44 varietas anggur dan 8 varietas lengkeng dataran rendah dan 66 varietas jeruk. Plasma nutfah jeruk terdiri dari 24 jeruk keprok, 20 jeruk pamelo, 6 jeruk siam, 10 jeruk manis dan 6 jeruk aromatik. Kebun percobaan Banjarsari telah memiliki 1020 pohon anggur, ada 8 PIT yang sudah diterminasi (8 varietas) yang dapat digunakan sebagai sumber entris/stek untuk benih pokok.

Tujuan

  1. Melestarikan koleksi plasma nutfah anggur, lengkeng dan jeruk
  2. Sebagai tempat diseminasi/menguji inovasi teknologi budidaya dan pengelolaan (PIT dan PIP) tanaman anggur
  3. Melaksanakan kegiatan pemeliharaan kebun
  4. Tempat pelatihan, magang dan widyawisata ilmiah
  5. Menghasilkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP)

Penataan SDM

SDM di kebun percobaan Banjarsari semua berjumlah 15 orang terdiri dari 10 orang pegawai dan 5 orang tenaga harian lepas. Pekerjaan pegawai negeri sejumlah 10 orang tersebut dibagi sesuai dengan struktur organisasi kebun yaitu : 1 orang sebagai kepala kebun percobaan, 1 orang sebagai koordinator teknis, 1 orang sebagai koordinator administrasi dan 5 orang lainnya sebagai teknisi lapang dan 2 orang sebagai keamanan kebun.

SukadiKepala kebun : Sukadi, SP
Alamat : Tromo; Pos 1 Tongas – Probolinggo (67252), Telp. 0335 (511120)
Terdapat plasmanutfah anggur terlengkap di Indonesia
Terdapat Pohon Induk Anggur komersial dan harapan
Show window pembibitan anggur komersial.
Terdapat plasmanutfah lengkeng dataran rendah dan plasmanutfah jeruk.

 

[huge_it_maps id=”5″]

 

Tinggalkan Balasan