Kebun Percobaan Banaran

Kebun Percobaan Banaran (12)Kebun Percobaan (KP) Banaran mempunyai lahan seluas ± 12.195 m2, terletak di desa Bumiaji dengan ketinggian tempat ± 950 dpl merupakan salah satu tempat perbenihan apel sesuai dengan alur yang berlaku mulai dari Pohon Induk Tunggal, Blok Fondasi, BPMT sampai benih siap salur. Selain apel, di KP Banaran terdapat hamparan jeruk yaitu Siam Pontianak yang saat ini (2015) memasuki tahun ke-3 dan sudah mulai berbuah.

Kegiatan Pemeliharaan Kebun

1. Pemeliharaan Koleksi & Produksi Apel

Kebun Percobaan Banaran saat ini memelihara tanaman apel kolesi hanya sebagai rekoleksi yang ada di Kebun Percobaan Tlekung. Kegiatan rutin yang dilakukan oleh kebun percobaan Banaran adalah pemeliharaan plasma nutfah dan tanaman produksi apel yang meliputi penyiangan, penyiraman, pengendalian hama dan penyakit, pemangkasan cabang dan tunas air, pelengkungan cabang, pemupukan, penjarangan buah, pembungkusan buah apel, sanitasi lingkungan kebun, perbaikan drainase, dan panen.

2. Penambahan koleksi apel dan peremajaan

Jumlah koleksi apel awalnya berjumlah 51 varietas sampai sekarang sudah ada penambahan koleksi sebanyak 22 varietas sehingga total koleksi apel 73 varietas. Umur koleksi yang sudah tidak produktif dilakukan penggantian dengan tanaman baru masing-masing varietas sebanyak 5 pohon.

3. Penyulaman apel produksi

Hampir setiap tahun KP Banaran mengganti tanaman baru ± 30 pohon per varietas sehingga total per tahun 90 pohon, hal ini menyebabkan pertumbuhan tanaman sangat beragam

4. Tanaman sela / Tumpang sari

Untuk pemanfaatan lahan kosong KP Banaran menanam tanaman sayuran yang terdiri dari bawang prei, terong, cabe kecil dan jagung manis. Tanaman sela tersebut digunakan sebagai salah satu sumber PNBP, selain produksi buah apel.

5. Penyediaan benih dan batang bawah apel

Untuk peremajaan dan penyulaman tanaman apel yang mati KP Banaran membuat batang bawah dan benih apel

6. Penataan kebun

Untuk mendapatkan tata ruang kebun yang berkesinambungan setiap tahun dilakukan penataan kebun sesuai keperuntukannya, sehingga semua lahan yang terbagi dalam beberapa blok bisa dimanfaatkan secara optimal dan tertata rapi. Di blok III, IV dan V yang terletak di depan kantor difokuskan untuk benih sebar, Blok Fondasi (BF), Blok Penggandaan Mata Tempel (BPMT) yang tergabung dalam kegiatan Unit Penyedia Benih Sebar (UPBS) sejak tahun 2005.

Kegiatan UPBS (Unit Penyedia Benih Sumber ) Apel

Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan benih sumber dan penyediaan mata tempel apel yang didalamnya terdapat PIT (Pohon Induk Apel) terdiri dari 4 varietas yaitu Manalagi, Rome Beauty , Anna dan Princes Noble yang rata – rata umurnya > 3 tahun. Selain itu juga ada BF (Blok Fondasi) dan BPMT (Blok Penggandaan Mata Tempel) apel terdiri dari 3varietas yaitu Manalgi, Rome Beauty dan Anna.

CahyonoKepala kebun : Ady Cahyono, SP.
Alamat : Jl. Abulgonaim, Bumiaji, Batu Kotak Pos 5 Batu Telp. 0341 (590205)
Terdapat koleksi apel terlengkap di Indonesia dan tanaman produksi apel
Sebagai show window pembibitan apel klonal dan kebun peroduksi jeruk
Terdapat koleksi Blok Fondasi (BF) dan Blok Penggandaan Mata Tempel (BPMT) Apel komersial

 

Tinggalkan Balasan