Profesor Anggur Jepang Kunjungi Balitjestro

Prof. Anggur JepangBalitjestro mendapat kunjungan Profesor Kunihisa Morinaga dari Okayama University Jepang. Profesor Kunihisa mendalami Anggur dan datang ke Indonesia untuk melihat perkembangan produksi dan penelitian Anggur di Indonesia, khususnya di Banjarsari dan Kebun yang pengelolaannya menggunakan teknologi dari Balitjestro.

Kedatangan Prof. Kunihisa diterima oleh Arry Supriyanto dan tim peneliti Anggur Balitjestro, Anis Andrini, Hasim Ashari dan Emi Budiyati. Dalam kesempatan ini, kedua pihak saling presentasi dan bertukar pengetahuan tentang teknologi dan pengelolaan Anggur dan berbagai buah subtropika lainnya. Indonesia menjadi salah satu tujuan kunjungan untuk mengumpulkan data Anggur di Asia Tenggara. Negara yang menjadi tujuan adalah Vietman, Malaysia dan Indonesia.

Dalam penjelasannya, Prof. Kunihisa menjelaskan dengan detail mengenai perkembangan Anggur di Jepang yang sudah menggunakan teknologi greenhouse untuk membuahkan di luar musim. Produksi Anggur di Jepang 18 ton/hektar di mana setahun hanya bisa sekali panen. Sedangkan Anggur Indonesia, Jestro Ag 60 mencapai 12 ton/ha. Dan Prabu Bestari mencapai 18 ton/ha. Jestro Ag 60 dan Prabu Bestari telah dikembangkan di PTPN 12 dengan usia tanam 3 tahun. [z@in]

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event