Produksi disaat Pandemi

Tim IP2TP Tlekung sedang memeriksa hasil panen jeruk Keprok batu 55, Jumat (25/5)

Meski pandemi covid 19, pengelolaan Instalasi Penelitian dan Pengkaijan Teknologi Pertanian (IP2TP) harus tetap berjalan agar tanaman tetap beproduksi.

Hasilnya telah dipanen jeruk keprok Batu 55 di IP2TP Tlekung, Balitjestro, Badan Litbang Pertanian sebanyak 2 ton , Jumat (29/5).Panen ini baru tahap awal dan akan berlanjut pada bulan berikutnya.

Salah satu fungsi dari IP2TP adalah penghasil PNBP sehingga hasil panen akan disetorkan ke kas negara.

Keprok Batu 55 merupakan salah satu varietas unggulan yang banyak digemari masyarakat. Dengan rasanya yang manis segar dan warnanya yang menarik buah ini dapat bersaing dengan buah impor di pasaran.

Tanaman ini beradaptasi dengan baik di dataran tinggi antara 700 – 1200 mdpl dengan produktivitas rata-rata 50 – 70 kg/pohon/tahun.

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi bagi kesehatan. Antioksidan dalam vitamin C berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sel akibat molekul radikal bebas.

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan salah satunya jeruk dapat memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap bahaya kanker.

Terlebih adanya pandemi Covid 19 sekarang, imunitas tubuh merupakan hal utama untuk menangkal penyakit ini sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi buah jeruk sebagai penambah kekebalan tubuh . (aminuddin fajar/balitjestro)

Agenda

no event