Poktan Sido Rukun Tertarik Kembangkan Jeruk

Kelompok Tani (Poktan) Sido Rukun, Desa Tegalbang, Kecamatan Palang Kabupaten Tuban mengadakan kunjungan lapang ke Balitjestro, Selasa 03/10/2017.

Kunjungan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat serta memotivasi petani untuk membudidayakan tanaman buah khususnya jeruk didaerahnya. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari pameran pertanian di Tuban beberapa waktu lalu. Dalam pameran tersebut Balitjestro turut serta dengan menampilkan teknologi jeruk yang menjadi daya tarik bagi masyarakat dan petani.

Di Tuban telah dikembangkan jeruk Keprok di  Desa Mulyorejo, Kecamatan Singgahan dan telah  berproduksi. Pengembangan jeruk ini merupakan salah satu program pengembangan kawasan hortikultura. Balitjestro sendiri melakukan pendampingan dan penelitian di kawasan tersebut.

Kegiatan  yang diikuti 60 petani ini diterima oleh Kepala yantek dan Jaslit Dr.Ir Anang Triwiratno, MP. Dalam sambutannya  disampaikan tentang berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (balitbangtan) dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika di Indonesia.

Selanjutnya petani diberi materi budidaya jeruk oleh Rudi Cahyo W peneliti Balitjestro. Dalam materi ini disampaikan tahapan-tahapan dalam  budidaya jeruk beserta teknologinya.

Teknologi sangat diperlukan untuk pengembangan jeruk. Dengan teknologi yang tepat akan mendukung keberhasilan pengembangan jeruk. Balitbangtan telah memiliki inovasi teknologi jeruk yang dikenal dengan Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS)

Penerapan teknologi penting untuk menjaga tanaman untuk tetap sehat dan berproduksi dengan baik. Selain itu akan mampu mengendalikan serangan hama dan penyakit yang menyerang jeruk sehingga umur produksi akan lebih lama. (fjr)