Plasma Nutfah

Infografis Koleksi Plasma Nutfah Jeruk dan Buah Subtropika IndonesiaBalitjestro merupakan salah satu pengelola operasional plasma nutfah Indonesia, bertanggung jawab terhadap pengelolaan plasma nutfah jeruk dan buah subtropika.  Sampai dengan tahun 2015, Balitjestro telah memiliki koleksi 242 aksesi  jeruk, 47 aksesi apel, 51 aksesi anggur, 37 aksesi lengkeng  dan 23 aksesi Stroberi. Penggunaan aksesi ini untuk penelitian dan perakitan varietas unggul baru.

Aksesi baru hasil eksplorasi bersama koleksi lama lainnya dikelola sedemikian sehingga kelestariannya terjaga dan dapat dimanfaatkan baik langsung maupun tidak langsung oleh pengguna. Konservasi plasma nutfah oleh Balitjestro dilakukan secara ex situ dengan pengelolaan kebun koleksi plasma nutfah. Dalam pengelolaan kebun koleksi, serangan hama dan penyakit merupakan kendala utama untuk pelestarian plasma nutfah yang pada beberapa kasus di kebun koleksi telah menyebabkan kematian (erosi genetik), contohnya pada koleksi anggur, pada tahun 1991 terdapat 70 aksesi dan sampai dengan tahun 2009 hanya terdapat 46 aksesi. Oleh karena itu, pengelola plasma nutfah harus merencanakan monitoring secara rutin agar tingkat serangan paling tidak sampai dengan batas toleransi dan dapat menghindari erosi genetik di kebun koleksi.

Saat ini Balitjestro melakukan karakterisasi dan evaluasi plasma nutfah dalam rangka mengetahui potensi sifat-sifat yang dimiliki agar dapat dimanfaatkan dalam program pemuliaan. informasi yang tepat tentang keunggulan dan kemanfaatan aksesi sangat penting untuk percepatan penggunaan aksesi oleh pemulia tanaman. Hasil dari karakterisasi dan dilanjutkan dengan seleksi aksesi yang mempunyai sifat unggul juga bermanfaat untuk mendukung  pelepasan varietas unggul sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event