Petugas dan Petani Tebas Siap Terapkan Inovasi Teknologi Jeruk

img-20161024-wa0014

4 Petugas dan petani dari Kecamatan Tebas, Sambas, Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan magang teknologi PTKJS (Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat) di Balitjestro selama 5 hari 17 – 21 Oktober 2016. Tema kegiatan ini adalah “Penerapan Teknologi PTKJS dalam Mengembalikan Kejayaan Agribisnis Jeruk”.

Kegiatan ini untuk mendukung program pengembangan jeruk siam Pontianak yang dilaksanakan oleh Pemerintah dan petani Kabupaten Sambas yang telah berhasil meningkatkan pendapatan petani dan menggerakkan roda perekonomian dari berbagai sektor yang berhubungan dengan proses produksi dan rantai perdagangan buah jeruk mulai dari petani sampai konsumen.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengadopsi inovasi teknologi jeruk untuk dapat diaplikasikan di daerahnya. Kecamatan Tebas merupakan daerah asal dari Jeruk Siam Pontianak yang banyak beredar di pasar tradisional dan modern. Untuk itu dengan kegiatan ini diharapkan petugas dan petani dapat mempelajari ilmu yang didapat dengan sebaik-baiknya.

img-20161024-wa0015

Kegiatan ini dibuka oleh Langgeng Sutrisno, SP mewakili Kepala Balai. Dalam pemagangan ini sendiri diisi dengan materi antara lain, teknologi produksi benih jeruk bebas penyakit, budidaya jeruk bebas penyakit serta praktikum kegiatan di lapang.

Dengan kegiatan ini ke depan petugas dan petani dapat menerapkannya sehingga produksi jeruk akan meningkat dan terjamin kualitasnya sehingga meningkatkan ekonomi petani sekaligus mengembalikan kejayaan agribisnis jeruk siam di Tebas, Kalimantan Barat.

Agenda

no event