Petugas dan Petani Kota Kediri Belajar Budidaya Jeruk di Balitjestro

 

70 peserta yang terdiri dari petani dan petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri  mengadakan kunjungan sekaligus pelatihan budidaya dan tabulampot jeruk di Balitjestro , Rabu/18/10/2017.

Kegiatan budidaya jeruk dilakukan di KP Banaran dengan dipandu oleh Ady Cahyono, SP. Di sini peserta diberi materi dan sedikit praktek budidaya jeruk dengan teknologinya. Teknologi budidaya yang mencakup semua aspek dari awal sampai masa panen dijelaskan untuk dapat dipelajari oleh peserta.

Selain itu di KP ini diterapkan teknologi pembuahan jeruk sepanjang musim yang dikenal dengan” Bujang Seta”. Teknologi ini menarik minat bagi kalangan petani untuk mengadopsinya. Dengan teknologi ini dapat memberikan hasil produksi yang lebih besar karena panen tidak lagi hanya sekali dalam setahun serta dapat menjaga kestabilan harga jeruk.

Selanjutnya peserta diberi materi tentang tabulampot jeruk di KP Punten dengan dipandu oleh Kusnan. Budidaya tabulampot jeruk tidak jauh berbeda dengan budidaya jeruk di lapang hanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Buddaya tabulampot harus memperhatikan beberapa hal yaitu, media tanam yang dipakai, cara pemupukan, dan pengendalian hama penyakit agar berhasil dalam budidayanya. (fjr)