Petik Anggur di Kebun Percobaan Banjarsari

DarmaWanita

 

Probolinggo. Musim panen anggur di Kebun Percobaan (KP) Banjarsari telah tiba. KP Banjarsari adalah KP Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) yang khusus untuk mengelola plasma nutfah anggur (utama) dan ada pula plasma nutfah jeruk dataran rendah dan lengkeng.  Luas KP Banjarsari lebih dari 4 hektar. Beberapa varietas sudah mulai matang optimal dan harus segera dipetik.

Kesempatan ini dimanfaatkan banyak pihak untuk melakukan kunjungan ke KP Banjarsari. Rombongan pelajar pun (terutama di daerah Probolinggo) beberapa kali memanfaatkan momen ini untuk pengenalan budidaya anggur dan pascapanennya, misalnya olahan untuk sari buah anggur dan sirup anggur.

Rombongan darma wanita Balitjetro pada Minggu, 16 November 2014 memanfaatkan momen ini untuk silaturrahim. Selama 3 tahun ini belum pernah ada momen bersama antara ibu-ibu darma wanita yang ada di Tlekung (kantor Balitjestro) dan Ibu-ibu darma wanita di KP Banjarsari. Tentunya anggur yang bergelantungan sangat menarik hati sehingga kesempatan ini digunakan untuk berfoto.

HamparanAnggur Litbang

 

Selain untuk mengelola koleksi plasma nutfah, KP Banjarsari juga mempunyai target PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Oleh karena itu, ibu-ibu darma wanita yang akan membawa oleh-oleh dipersilahkan membelinya. Ada 3 varietas anggur yang bisa dibeli yaitu BS 85/Cardinal (Probolinggo Super), BS 88/Belgi (Kediri Kuning) dan BS 60/MS27-3 (Jestro Ag60).

Permasalahan yang sering timbul bagi pihak yang mengembangkan anggur dalam skala besar yaitu ketika panen, tidak semua buah anggur habis terserap pasar. Hal ini pernah dialami PTPN XII yang di musim awal panennya kesulitan memasarkan produknya. Padahal anggur impor membanjir di supermarket bahkan sampai pedagang kaki lima.

Anggur Indonesia tentunya punya banyak kelebihan yaitu lebih segar dan unsur pestisida maupun pengawet lebih terkontrol. Jaringan pemasaran inilah yang perlu mulai dibuat oleh pihak-pihak yang peduli kemajuan anggur di Indonesia sehingga harga buah anggur selain terjangkau bagi konsumen (dan pasokannya terjamin), juga harus mampu mensejahterakan petani yang menanamnya. [zh|balitjestro]

Berikut foto dokumentasi lainnya:

BS 85/Cardinal (Probolinggo Super)
BS 85/Cardinal (Probolinggo Super)
Hamparan anggur yang belum sepenuhnya matang optimal.
Hamparan anggur yang belum sepenuhnya matang optimal.
BS 88/Belgi (Kediri Kuning)
BS 88/Belgi (Kediri Kuning)
Anis Andrini (biru tengah) peneliti anggur Balitbangtan
Anis Andrini (biru tengah) peneliti anggur Balitbangtan
Anak-anak pun berminat memetik anggur  ^_^
Anak-anak pun berminat memetik anggur ^_^

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event