Persiapan Magang YESS Program PPIU Kalsel

Salah satu aspek yang akan didalami Yess Programe Kalsel yaitu kultur jaringan jeruk. Hidayatul Arisah, peneliti Balitjestro menerangkan bagaimana proses kultur jaringan jeruk dan sejauh mana capaiannya.

Balitjestro menerima kunjungan tim YESS (Youth Enterpreneurship and Employment Support Service) Kalimantan Selatan, dalam hal ini Provincial Programme Implementation Unit (PPIU) SMKPP N Banjarbaru. Tim yang dipimpin oleh Jatmiko, diterima oleh Sub Koordinator Yantek dan Jaslit Balitjestro, Yunimar S.Si, M.Si yang didampingi oleh Agus Sugiyatno dan Zainuri Hanif.

Kunjungan kali ini untuk kooridnasi membahas dukungan yang dibutuhkan dari Balitjestro untuk mensukseskan program YESS di Kalimantan Selatan. Dalam waktu dekat setidaknya ada 2 guru SMKPP N Banjarbaru dan para siswa yang akan magang mengenai pengelolaan tanaman jeruk. Magang akan dilakukan selama 3-6 bulan di kultur jaringan dan perbenihan jeruk sampai budidaya jeruk di lapang.

Kalsel merupakan salah satu dari empat provinsi di Indonesia yang dibina Kementerian Pertanian bersama Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Di Kalsel, program YESS berlokasi di tiga kabupaten meliputi Tanah Laut, Tapin, dan Banjar. Jeruk menjadi komoditas yang menjanjikan di kawasan ini.

TSP Jeruk Balitjestro yang juga menjadi Business Development Service Providers (BDSP) YESS Program wilayah Malang, Jawa Timur menyambut baik dan siap untuk berkolaborasi mensukseskan YESS Program.