Perbenihan dan Budidaya Faktor Penting dalam Agribisnis Jeruk

Perbenihan dan budidaya jeruk yang sehat merupakan faktor penting untuk keberhasilan  agribisnis jeruk. Dengan teknologi yang tepat akan mampu memberikan hasil produksi yang tinggi dan aman dari serangan hama penyakit.

Hal inilah yang mendasari Kelompok Tani (Poktan) Tani Mulya, Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban untuk mengunjungi dan menambah wawasan tentang budidaya dan perbenihan jeruk bebas penyakit  di Balitjestro , Selasa 10/10/2017

Kegiatan  yang diikuti 30 petani ini dilakukan di Kebun Percobaan (KP) Tlekung, dan Punten. Di KP Tlekung ini dapat dilihat penerapan teknologi yang dihasilkan dalam budidaya jeruk.  Selanjutnya di KP Punten dapat dilihat alur produksi perbenihan jeruk bebas penyakit.

Teknologi sangat diperlukan untuk pengembangan jeruk. Dengan teknologi yang tepat akan mendukung keberhasilan pengembangan jeruk. Balitbangtan telah memiliki inovasi teknologi jeruk yang dikenal dengan Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS)

Dengan adanya kegiatan ini petani dapat mengadopsi teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan untuk diterapkan sehingga produksi jeruk akan meningkat dan bebas dari penyakit . (fjr)