Peran Balitjestro dalam Seminar Pekan Agro Expo Timor Leste

 

Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) berkesempatan mengikuti seminar di Timor Leste yang diwakili Dr. Dita Agisimanto sebagai narasumber.

Kegiatan Seminar Regional dilaksanakan  bersama pekan AGRO-EXPO 2017, Kamis 19/10/2017. Tema Seminar adalah “BUILDING A COMPETITIVE AGRICULTURE IN OE-CUSSE AMBENO; IDEAS TO PROMOTE SMART PRODUCTIVE SPECIALIZATION”.

Acara seminar di buka oleh President   Otorita Mr. ARSENIO PAIXAO BANO. Pembicara yang terlibat adalah Mr. Regio Da  Cruz Salu dari Oe-Cusse Ambeno, Ms.  Laura Maria Fiarotto dari UNDP, Ms. Christina  LSM World Neighbors, Sharon Alder dari OXFAM, Mr. Decio Riberio Sarmento dari Trade Invest, Mr. Lamberto Salu dari DITKREO, Mr. Hugo Lebre dari FSC, dan Tennant Fenton dari New Zealand.

Otorita  Oe-Cusse Ambeno adalah daerah khusus Timor Leste yang sedang giat membangun. Pembangunan daerah di dukung oleh Dana USAID dan diawasi oleh UNDP. Kondisi daerah kering dan tandus, akibat aktifitas pembakaran hutan. Pemerintah otorita, ingin mengembangkan sector pertanian diawali dengan perbaikan lingkungan, meningkatkan serapan air hujan sehingga air tanah meningkat. Tata kelola air diprogram komprehensif untuk menjadikan otorita sebagai daerah swasembada produk horti khususnya buah dan sayuran.  Ini penting sebagai daerah yang akan mengambil peran  sebagai daerah tujuan wisata. Jeruk menjadi daya tarik untuk dikembangkan, karena nilai komersialnya diketahui masyarakat.

Strategi pengembangan akan dibicarakan antara Otorita  dan Balitjestro. Aktivitas pengembangan jeruk akan terintegrasi dalam program besar mereka yang diawasi oleh UNDP dan organisasi international lain yang terlibat dalam pembangun. Staf Balitjestro akan mendapat keuntungan dengan pertemanan baru expert international.   Berita baiknya, pada tingkat menteri, MOU kedua menteri pertanian dari kedua Negara akan segera ditanda-tangani.

Kegiatan Seminar di tutup dengan diskusi yang di pandu oleh Mr. Regio. Dalam penutupan seminar , sekretaris regional di bidang pertanian ini menyatakan bahwa para pakar dibidang pertanian sudah didatangkan, dan masyarakat dihimbau untuk mau belajar dan menjadi petani unggul di masa datang. Program pemerintah diharapkan disambut antusias untuk menjadi produsen yang mampu berproduksi dengan kuantitas dan kualitas memenuhi tuntutan komersialisasi.  Acara di tutup oleh Director Agricultura Bapak Sarilo Do Remedius Baba.(dita agisimanto)