Penyuluh Pertanian BPP Kabupaten Banjar Menimba Ilmu Budidaya Tanaman Jeruk

[cml_media_alt id='2189']Penyuluh Pertanian BPP Kabupaten Banjar[/cml_media_alt]15Peningkatan kemampuan Penyuluh pertanian dipandang perlu ditingkatkan, karena mereka merupakan media utama untuk menyampaikan hasil-hasil teknologi pertanian kepada para petani atau swasta. Demikian juga yang dilakukan oleh Badan Pelaksana Penyuluh Kabupaten Banjar. Ir. H. Eddy Hasby  (Kepala penyuluh Kabupaten Banjar) mewakili peserta pemagangan mengharapkan dengan adanya pelatihan ini akan mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang budidaya tanaman jeruk yang sehat dalam upaya peningkatan kemampuan penyuluh dalam transfer ilmu kepada para petani dan swasta di Kabupaten Banjar .

Untuk itu diharapkan peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh karena pada nantinya akan diimplementasikan ke daerahnya.  Pemagangan  yang dilaksanakan pada tanggal 8-12 Oktober 2012 diikuti oleh 19 penyuluh  yang diterima langsung oleh Dr.Ir. Muchdar Soedarjo, Msc sebagai kepala Balitjestro.  Beliau mengharapkan dengan adanya pelatihan ini penyuluh dapat mengimplementasikannya ke daerahnya agar pengembangan jeruk di Kabupaten Banjar  dapat terlaksana dengan baik dan meningkat kualitasnya serta hasil yang diharapkan dapat maksimal.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dalam hal pemagangan Budidaya tanaman jeruk, dengan kerjasama ini diharapkan Balitjestro dan Badan Pelaksana Penyuluh Kabupaten Banjar semakin erat dalam hal peningkatan kemampuan SDM setiap tahun. Dalam pemagangan ini para penyuluh diberikan materi-materi mengenai budidaya jeruk yang sehat dan bebas penyakit.

Materi tersebut antara lain teknologi budidaya jeruk yang meliputi teknologi budidaya tanaman jeruk, kemudian pengenalan dan pengendalian hama penyakit, metode pemupukan dan pengelolaan pengairan yang benar,  Selain mendapatkan materi peserta juga melakukan praktek di lapang untuk mengaplikasikan materi yang telah disampaikan.

Tinggalkan Balasan

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah