Penyerahan DIPA 2014 Wilayah Pembayaran KPPN Malang

dipaHari Kamis, 19 Desember 2013 bertempat di Aula KPPN Malang telah dilaksanakan penandatanganan Berita Acara Penyerahan DIPA dan Pakta Integritas Anti Gratifikasi dan Pelayanan Prima oleh masing-masing KPA. Untuk wilayah pembayaran KPPN Malang terdapat 211 DIPA. DIPA Balitjestro termasuk dalam kelompok Kementerian Pertanian, satu kelompok dengan DIPA Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi), Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balitas), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim), Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP), Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan dan Loka Sapi Potong Grati.

Sebelum penyerahan DIPA 2014 dan penandatanganan Pakta Integritas, acara diawali dengan sambutan dari Kepala KPPN Malang, Bp Suahrnanto. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa hasil evaluasi serapan anggaran tahun 2013 belum maksimal, baru mencapai 72.2% dan fenomena yang sering terjadi setiap tahun adalah serapan anggaran rendah di awal dan menggelembung pada akhir tahun anggaran. Diharapkan fenomena ini tidak akan terulang lagi pada tahun 2014.

Upaya-upaya yang dilakukan KPPN Malang untuk mengantisipasi fenomena itu dan untuk percepatan anggaran 2014 adalah :1. Menyerahkan DIPA lebih awal sebagai dasar pencairan dana2. Meningkatkan kapasitas pengelola Satker dengan memberikan bimbingan teknis, meningkatkan konsultasi dan diskusi.3. Menyempurnakan regulasi dengan mempermudah dan mempercepat revisi DIPA4. Meningkatkan peran aparatur negara (ITJEN) untuk memberikan bimbingan teknis tentang penggunaan anggaran dengan melibatkan sejak awal (pre Audit).DIPA 2014 Balitjestro diserahkan kepada Ir. Agus Sugiyatno selaku plh. Kepala Balitjestro dengan wewenang hanya sebagai penerima saja, sedangkan untuk penandatanganan Berita Acara Penyerahan DIPA 2014 dan Pakta Integritas Anti Gratifikasi dan Pelayanan Prima tetap akan dilakukan oleh Kepala Balitjestro.

 

Tinggalkan Balasan