Penyediaan Benih Stroberi Bebas Virus

Tanaman stroberi di Purbalingga
Tanaman stroberi di Purbalingga

Setelah penandatanganan MoU kerjasama Balitjestro, Puslitbanghorti dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Purbalingga, penyediaan benih stroberi bebas virus telah dilakukan pada akhir tahun 2015.

Pada tahap awal, kegiatan difokuskan penyediaan benih induk V-1 dan multiplikasi melalui stolon menjadi V-2 yang semuannya ditanam di dalam rumah kasa insect proof. Pada tahap selanjutnya, stolon yang dihasilkan sebagai V-3 akan di hardening off kan atau disapih di shade house untuk kemudian didistribusikan ke petani.

Dukungan Pemda Purbalingga menjadi faktor yang terpenting karena petani tidak mungkin dibiarkan sendiri menghadapi permasalahannya. Salah satu keseriusan itu terlihat dengan dibangunnya 3 screenhouse untuk perawatan benih stroberi yang dipasok oleh Balitjestro.

Berbagai daerah sentra stroberi di Indonesia menghadapi permasalahan yang sama, yaitu ketersediaan benih. Bahkan banyak pula yang menghubungi Balitjestro dan memesan puluhan ribu benih baik itu dari pulau Jawa, Sumatera maupun Bali. Menghadapi permintaan ini, Arry Supriyanto justru lebih memfokuskan pada pola kerjasama dengan Pemda agar kemandirian petani setempat mampu memasok permintaan benih tersebut, terutama untuk daerahnya.

Dengan pola kerjasama itulah, aspek lainnya seperti pengawalan teknologi perbenihan, budidaya, panen, penguatan kelembagaan petani dan pengelolaan rantai pasok stroberi dapat dilakukan. (z@in/balitjestro)

Tinggalkan Balasan