Penjajakan Kerjasama Biomaterial LIPI dan Kyoto University

Balitjestro menerima kunjungan sinergi Pusat Unggulan Iptek (PUI) dari Dr. Sukma Surya Kusumah (Biomaterial LIPI) dan Profesor Kenji Umemura (Research Institute for Sustainable Humanosphere, Kyoto University, Japan), Jumat (14/2). Sebelumnya, sinergi dengan PUI Biomaterial LIPI telah dilakukan untuk manghasilkan biodegradable polybag untuk benih sebar jeruk yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Kunjungan dilakukan dengan mengunjungi Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Punten untuk melihat koleksi plasmanutfah jeruk dan prosedur untuk memperbanyak benih jeruk dari pohon induk sampai benih sebar. Kemudian, diskusi dan kunjungan laboratorium dilakukan untuk memperdalam hal apa yang bisa dikolaborasikan dengan Balitjestro, Biomaterial LIPI dan Kyoto University.

Dr. Anang Triwiratno mewakili kepala balai dalam sambutannya menyampaikan kerjasama riset sangat diharapkan, khususnya dalam hal komoditas jeruk. Badan Litbang Pertanian sangat mendukung riset aplikatif.

Sementara itu dalam presentasinya, Prof. Umemura menjelaskan materi mengenai “Utilization of Citric Acid for Wood and Wood based materials.” Dalam paparannya dijelaskan bahwa asam sitrat dapat ditemukan di jeruk, terutama lemon dan nipis. Jenis jeruk ini banyak digunakan di makanan dan minuman.

Pemain terbesar asam sitrat adalah China yang menyumbang 59% poduksi dunia atau 74% dari ekspor dunia. jeruk menjadi salah satu sumber asam sitrat potensial dan limbahnya dapat diolah lanjut menjadi material yang lebih bermanfaat.

Beberapa contoh produk dari asam sitrat dan sukrosa ditunjukkan kepada peneliti Balitjestro. Trend ke depan, permintaan produk berbahan board particle semakin meningkat. Apalagi saat ini isu lingkungan mengenai penebangan dan kebakaran hutan semakin meningkat, terutama di Brazil, Indonesia dan Australia.

Dalam kesimpulannya, Profesor Umemura mengemukakan bahwa asam sitrat dapat digunakan sebagai perekat kayu dengan penambahan sukrosa efektif untuk memperkuat sifat ikatan. (zainuri hanif/balitjestro)

Agenda

no event