Penjajakan Kerjasama ACIAR, Puslitbanghorti, IPB dan Balitjestro

Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menerima kunjungan dari 2 (dua) dosen Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) dan 2 (dua) dosen dari University of Adelaide, Australia, Selasa, 09/05/2017.

Maksud kunjungan ini  dalam rangka mendapatkan informasi/ berdiskusi untuk mendukung penelitian yang berjudul “Improving Market Integration for High Value Fruit and Vegetable Production Systems in Indonesia”. Penelitian tersebut merupakan kerjasama antara Institut Pertanian Bogor (IPB), Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghort) yang akan dilaksanakan di Jawa Timur.

Kunjungan diterima  oleh Ir. Nurhadi, MSc, selaku PLH Kepala Balitjestro. Kemudian dijelaskan secara singkat tugas pokok dan fungsi Balitjestro, serta beberapa aspek mulai dari perbenihan, teknologi budidaya, hama dan penyakit, panen, pascapanen sampai kepada pemasaran jeruk. Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi yang membahas tentang perbandingan antara jeruk dan sayuran, serta permasalahan jeruk di Indonesia. Mereka sangat tertarik dengan permasalahan tersebut dan ingin menelitinya lebih mendalam khususnya focus kepada supply chain management.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan untuk berkunjung ke Kebun Percobaan (KP) Punten untuk melihat proses perbenihan jeruk bebas penyakit yang dihasilkan. (trifena)

Related Post