Pengaruh Kemasan Terhadap Kerusakan Dan Susut Berat (Mutu %) Dan Persepsi Konsumen Terhadap Kemasan Buah Tangan Jeruk Siam Pontianak

(The Effect of Packaging on Fruit Damage and Weight Loss and Consumer Perception to Small Giving Package of Pontianak Tangerine cv. Siam)

Prosiding Seminar Nasional Jeruk Tropika Indonesia, Batu, 28-29 Juli 2005, hal. 305-316

Retno Pangestuti1, Akhmad Musyafak2, Arry Supriyanto3
1Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah
2Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat
3Balai Penelitian Tanaman Jeruk Dan Buah Subtropika

Abstrak
Pada saat ini kemasan menjadi salah satu komponen penting dalam pemasaran, tidak terkecuali pada produk buah-buahan. Penelitian ini bertujuan menguji ketahanan, manfaat dan persepsi konsumen terhadap kemasan buah tangan jeruk Siam Pontianak yang didesain Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika, Tlekung. Penelitian dilakukan bulan April hingga September 2005. Bahan kemasan berupa karton duplek ganda sekat bergelombang dengan ketebalan 1 mm berdimensi 30 x 10 x 20 cm. Pengaruh kemasan karton dengan pembanding kemasan kantung plastik dilakukan pada proses transportasi dari Pontianak, Kalbar ke Balitjeruk TIekung-Jatim. Uji persepsi konsumen dilakukan dengan metode survey terhadap 35 responden konsumenjeruk di Kota Pontianak, Kalbar, Hasil evaluasi penggunaan kemasan karton selama proses transportasi menunjukkan indikasi dapat menghambat susut bobot buah dibanding yang dikemas dengan kantung plastik. Uji persepsi konsumen menunjukkan kemasan ini sudah mengandung unsur promosi yang menarik (42,86%). Penggunaannya dapat meningkatkan citra/gengsi buah jeruk yang dibeli (71,43%) dan penambahan harga karena penggunaanya tidak merupakan masalah bagi responden. Sebanyak 91,43% responden menghendaki penambahan outlet/gerai yang menjual jeruk dengan kemasan seperti ini sebagai wujud respon yang positif terhadap keberadaan kemasan buah tangan ini.
Kata kunci: Kemasan buah tangan, siam pontianak, uji ketahanan, persepsi konsumen.

Abstract
Packaging is presently become one of the important components in trade including trade on fruits. This research was aimed to evaluate the effect of packaging on the fruit damage and weight loss, including consumer perception to small giving package of Pontianak tangerine cv. siam. Research was conducted from April to September 2005. The Package was made from 1 mm double duplex fiberboard with 30x20xlO cm dimension. Plastic bags were used as the control. The fruit package were then transported from Pontianak West Borneo to the Indonesian Citrus and Subtropical Fruits Research Institute, TIekung-East Java. Consumer perception test was done by survey to the 35 consumers of citrus fruit in Pontianak. The Fiberboard box could reduce the fruit weight loss better than plastic bag. Consumer perception test showed that small giving package could be considered to have an interesting element of promotion (42,06%). The use of packaging could improve the image and the prestige of the fruit inside (71,43%) and increase the price of fruits. As much as 91,43% of respondent suggested additional outlets for selling citrus fruits with small giving package.
Keywords : Small giving package, pontianak tangerine cv siam, endurance test, consumer perception.

Artikel lengkapnya bisa di download disini atau disini

Agenda

no event