Pengarahan Kepala Balitbangtan dalam Upaya Peningkatan Kinerja Balitjestro

Dalam sela-sela kunjungan di Jawa Timur Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono menyempatkan mengunjungi Balitjestro.  Dalam kunjungannya tersebut beliau meninjau Kebun Percobaan Punten sebagai salah satu kebun yang sudah baik dalam penataannya. Beliau  memberikan apresiasi positif terhadap perkembangan Kebun Percobaan Punten yang mengalami peningkatan dalam kurun waktu tiga tahun. Selain penataan pembibitan serta sarana dan prasarana yang memadai KP Punten juga meningkatkan produksi benih baik benih sebar, BF maupun BPMT. Sehingga diharapkan akan mampu memenuhi permintaan yang semakin banyak.

Setelah mengunjungi KP Punten Ka Badan juga menyempatkan diri untuk melakukan pertemuan dengan karyawan Balitjestro di aula Balitjestro. Sebelum pertemuan  mengunjungi Laboratorium Somatic Embryogenesis. Teknologi perbanyakan massal melalui embriogenesis somatik (somatic embryogenesis) merupakan teknologi terbaik untuk menghasilkan benih tanaman yang seragam dan sama dengan induknya.  Namun demikian, produk akhir yaitu tanaman bisa dimanfaatkan dengan optimal sangat tergantung pada kesuksesan di beberapa tahapan, salah satunya adalah fase aklimatisasi yang menentukan persen tanaman yang hidup serta tumbuh dan berkembang dengan optimal secara ex vitro. Untuk itu beliau juga mengharapkan keberhasilan dari teknologi SE ini untuk memenuhi jumlah produksi bibit jeruk massal sesuai dengan target yang direncanakan.

Dalam pertemuan dengan seluruh staf dan pimpinan Balitjestro beliau mengharapkan adanya kerjasama yang baik diantara staf maupun pimpinan agar tujuan dari balai akan terwujud dan inovasi teknologi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna.

Related Post

Tinggalkan Balasan