Pendampingan PTKJS TSP Balittra

Ir.Otto Endarto, M.Si sedang memberikan materi tentang cara pembentukan arsitektur pohon
Ir.Otto Endarto, M.Si sedang mempraktekan tentang cara pembentukan arsitektur pohon kepada petugas

Untuk mendukung Taman Sains Pertanian (TSP) di Balittra, Banjarbaru, Kalsel yang mengembangkan jeruk, dilakukan pendampingan teknologi  Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS). Kegiatan ini dilakukan oleh peneliti Balitjestro, Ir Otto Endarto, M.Si selama 4 hari 30 Mei – 2 Juni 2016 untuk memberikan materi kepada petugas TSP di sana dalam menerapkan PTKJS.

Di TSP ini dilakukan pembentukan arsitektur pohon dengan melakukan pemangkasan untuk membentuk arsitektur pohonPemangkasan ditujukan untuk membentuk kerangka pohon tanaman jeruk mengarah pada 1:3:9 sehingga pada saat tanaman tumbuh dan berkembangnya percabangan bisa menyebar keseluruh penjuru yang pada akhirnya produktivitas menjadi optimal.

Selain pemangkasan dilakukan juga monitoring hama penyakit agar dapat dikendalikan sehingga tidak merusak tanaman. Kemudian dilakukan pula pemupukan menggunakan pupuk kandang agar tanaman tumbuh dengan baik.

Di TSP Balittra yang ditanam 4 varietas jeruk yaitu Siam Banjar, Keprok Trigas, Keprok Tejakula dan Keprok Borneo Prima, yang merupakan varietas jeruk dataran rendah. Pola tanam di TSP ini menggunakan sistem surjan karena berada di lahan rawa.

Kondisi tanaman jeruk di TSP balittra
Kondisi tanaman jeruk di TSP balittra

Mengingat persediaan benih jeruk yang masih tersedia disarankan untuk penanaman jeruk jarak rapat pada minimal satu surjan. Kedepan diharapkan dapat dibandingkan dan dianalisa usaha tani dari kedua sistem tanam yang efisien dan menguntungkan secara ekonomi pada budidaya jeruk sehat pada lahan rawa.

Untuk perencanaan kedepan, lahan kosong diantara jeruk direncanakan ditanam tanaman sela seperti kacang tanah, sayur atau covercrops. Pemanfaatan tanah disekitar piringan tanaman jeruk juga akan mempercepat kondisi tanah yang kurang produktif karena kandungan pirit yang masih tinggi menjadi produktif. (otto /fjr)

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event