Penandatanganan MoU Melalui Video Conference

Pada Kamis (16/04/2020) dilakukan video conference mengenai penandatanganan MoU yang dipimpin oleh Kepala Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Penelitian (KSPHP) Pusat Penelitian dan Pengembangan Horikultura (Puslitbanghorti), Rudi Hartono yang dihadiri oleh Balai lingkup Puslitbanghorti, BPTP Riau, Balittas, Politeknik Jember, CV Samudera Agro, Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Batang, Jawa Tengah dan PT Semen Indonesia (Persero).

Mou yang ditandatangai yaitu pada pertemuan online kali ini yaitu:

  1. Perjanjian kerjasama antara Politeknik Negeri Jember dan Balitjestro tentang pengembangan sumber daya manusia dan inovasi jeruk.
  2. Perjanjian kerjasama antara CV Sinar Samudra Agro dan Balitjestro tentang kerjasama meningkatkan daya saing produk dan petani buah dalam hal bimtek, sertifikasi, pendampingan dan inovasi teknologi pertanian modern.
  3. Pendampingan dan pengawalan teknologi budidaya jeruk di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah antara  Balitjestro dengan  Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Batang, dan
  4. Perjanjian kerja sama pendampingan dan pengawalan teknologi budidaya jeruk, anggur dan lengkeng pada pemanfaatan lahan Green Belt PT Semen Indonesia (persero) tbk, pabrik Tuban, Provinsi Jawa Timur antara Balitjestro dengan  PT Semen Indonesia (persero) tbk, pabrik Tuban.

Dalam pengantarnya, Kabid KSPHP Rudi Hartono menyampaikain bahwa berakhirnya MoU sebelumnya pada 2018-2020, maka pada 2020 ini perlu dibuat MoU baru antara Puslitbanghroti dengan Pemda Kab. Batang serta Perjanjian kerjasama antara Balitjestro dengan Dinas Kabupaten Batang. Pendampingan yang akan dilakukan ini akan menjadi landasan masuknya berbagai pendampingan dan inovasi tidak hanya untuk tanaman jeruk saja, tetapi berbagai komoditas hortikultura lainnya.

Ruang lingkup kerja sama  pendampingan dan implementasi inovasi ini meliputi: a). Pendampingan penerapan teknologi budidaya jeruk, b).      Pengawalan teknologi melalui pemberian pembelajaran budidaya jeruk dengan mendatangkan tenaga Ahli yang diperlukan di Kabupaten Batang, Propinsi Jawa Tengah. c). Pelatihan Budidaya Jeruk, d). Melakukan monitoring dan evaluasi, dan e). Melakukan penyusunan laporan akhir. 

Dalam sambutannya, Kepala Balitjestro, Dr. Ir. Harwanto, M.Sc menyampaikan harapan bahwa dengan adanya momen ini, semua dapat bersinergi membangun agribisnis antar institusi Balitbangtan dengan swasta dan pemerintah daerah.

Auliawan TRi Batra atas nama manjemen PT Semen Indonesia menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan Balitbangtan dalam pengawalan teknologi tanaman jeruk, anggur dan lengkeng. Sedangkan dari Politeknik Negeri Jember, Saiful Anwar S.TP., M.P. menyampaikan bahwa penandatanganan ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam rangka meningkatkan skill mahasiswa melalui praktikum-praktikum di lapang.

Dr. Ir. Hardiyanto, M.Sc.  Kepala Puslitbanghorti mengharapkan MoU ini memberi manfaat yang besar, walau saat ini kita tengah menghadapi Covid-19. “Kenapa saat ini Indonesia masih banyak impor buahnya? Tentunya dengan kerjasama ini diharapkan kita mulai bisa melakukan substitusi buah impor. Hal itu bisa dilakukan dengan penguasaan dari hulu sampi hilir, terutama di aspek pemasaran dan bisnisnya yang selama ini kita ketinggalan.

” Sesuai arahan Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, pertanian ke depan harus maju, mandiri dan modern. Pengalaman kerjasama yang lalu banyak yang tidak berkelanjutan, ke depan semoga kerjasama yang dilakukan bisa dilaksanakan dengan komitmen tinggi, imbuh Kepala Puslitbanghorti.

Rangkaian akhir acara yaitu penandatanganan MoU kerjasama di masing-masing lokasi dan dokumen kemudian ditunjukkan untuk diketahui bersama. Dengan resminya penandatanganan ini, tentunya kawalan teknologi dan inovasi Balitbangtan ke depan akan semakin kuat pijakannya. Dan semoga wabah Covid-19 ini segera berakhit agar kegiatan lapang bisa segera dimulai.

Agenda

no event