Penandatanganan Kerjasama Balitjestro dengan Pusat Penelitian Biomaterial LIPI

Sebagai bentuk sinergi Pusat Unggulan Iptek, Balitjestro, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pusat Penelitian Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kegiatan penandatanganan dilakukan dalam acara Humanosphere Science School 2019 and International Symposium on
Sustainable Humanosphere di Grand Savero Hotel Bogor, Senin (28/10).

Kepala Balitjestro Dr. Ir. Harwanto, M. Si menyampaikan bahwa kerjasama dengan Pusat Biomaterial LIPI ini pada pembuatan polybag yang ramah lingkungan. Polybag ini sendiri akan digunakan pada benih/bibit jeruk.

Nantinya penanaman bibit dilakukan dengan polybag yang akan hancur sendiri di tanah sehingga ketika menanam tidak perlu lagi menyobek dan membuang polybag. Rencananya penggunaan polybag ini terealisasikan tahun depan.

Sementara itu Kepala Pusat Penelitian Biomaterial LIPI Dr. Iman Hidayat mengatakan telah memiliki teknologi yang menggunakan bahan techno celulas atau limbah.

Dengan fasilitas yang telah lengkap Pusat Biomaterial tinggal menyiapkan kebutuhan dari Balitjestro sepeti bentuknya, struktur dan kekuatan polybag yang dibutuhkan.

Selain polybag, kerjasama dengan Balitjestro lainnya yaitu pembuatan mulsa dan asam sitrat dari kulit jeruk sebagai fungsional food. Teknologi dan prototype sudah ada sehingga tahun depan bisa terealisaikan. (aminuddin fajar/balitjestro)

Agenda

no event