Pemerintah Distrik Oecusee Timor Leste Jajaki Kerjasama dengan Balitjestro

Timor Leste Balitjestro (20)

Rabu, 10/08/2016 Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste, khususnya Distrik Oecusee. Dr. Regio da Cruz Salu selaku Sekretaris Regional Bidang Pertanian dan Pembangunan Pedesaan mengungkapkan maksudnya berkunjung ke Balitjestro yaitu untuk membangun kerjasama untuk mengembangkan pertanian khususnya bidang agrowisata di Oecusee, Timor Leste.

sumber: eportuguese.blogspot.com
sumber: eportuguese.blogspot.com

Rombongan terdiri dari Cirilo Jose Remedios Baba selaku Direktur Regional Pertanian beserta istri, Cornelius Sombai, selaku Kepala Departemen Perencanaan dan Manajemen Pertanian, dan Celcio Carvalho M Sequeria yang mewakili media dari Timor Leste.

Kegiatan kunjungan diawali dengan sambutan dari Dr. Regio da Cruz dilanjutkan dengan sambutan selamat datang dari Kepala Balitjestro, Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP dan sekilas penjelasan mengenai Balitjestro oleh Dr. Ir. Harwanto, MSi selaku Kasi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian.

Dalam sesi diskusi dibahas mengenai permasalahan tanaman jeruk di Oecusee dan penyampaian solusi permasalahan dari pakar/peneliti dari Balitjestro. Pada prinsipnya, Balitjestro mendukung program pemerintah distrik Oecusee dalam bidang teknis dimana Balitjestro bersedia melakukan pengawalan teknis atau pelatihan untuk pengembangan jeruk maupun buah subtropika yang akan dibudidayakan disana.

Pada akhir acara dilakukan penyerahan buku yang baru dilaunching Balitjestro untuk pemerintah distrik Oecusee dan dibalas dengan pemberian kenang-kenangan kain khas dari Timor Leste. Tidak lupa sebelum pulang rombongan dipandu ke kebun Balitjestro untuk peninjauan lapang dan memperkenalkan beberapa varietas unggulan Balitbangtan. (fena)

 

Tinggalkan Balasan