Pembungkusan Buah Lengkeng Menjelang Masa Panen

iri: pemasangan pembungkus buah, kanan: buah selesai dibungkus
Kiri: pemasangan pembungkus buah, kanan: buah selesai dibungkus

Tanaman lengkeng yang ada di kota Batu pada bulan Februari ini memasuki fase penebalan daging buah. Pada fase ini kegiatan yang dilaksanakan adalah pembungkusan buah agar tidak terjadi kegagalan panen akibat serangan hama kelelawar. Aroma buah yang mulai harum bisa tercium oleh kelelawar sehingga menarik hama tersebut untuk datang. Fase penebalan daging buah lengkeng ini terjadi 1 – 1,5 bulan sebelum panen yang ditandai warna biji yang sudah coklat.

Sebagian besar petani lengkeng menggunakan pembungkus buah yang berbahan bambu atau biasa disebut dengan kroso, namun ada juga sebagian kecil yang menggunakan pembungkus buah berbahan paranet. Kroso berbahan bambu tersebut merupakan hasil kerajinan tangan petani di daerah tumpang kabupaten malang, sedangkan yang berbahan paranet buatan sendiri atau beli kantong paranet bekas bawang merah.

Sistem pemasangan sampai panen buah lengkeng di kota Batu sebagian besar dilakukan oleh pedagang pengepul buah. Pemasangan sampai dengan panen dilakukan oleh pedagang pengepul tersebut, tetapi biayanya akan di potongkan dengan hasil panen yang diperoleh. Tidak semua petani menggunakan sistem tersebut, ada juga yang melakukan pembungkusan sampai dengan panen secara swadaya. [Buyung Alfanshuri, SP/balitjestro]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event