Pembukaan Open House Balitjestro: “Mari Terus Cintai Buah Jeruk Nusantara”

Pembukaan Open House 2014 Balitjestro

 

Kepala Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro),  Dr. Ir. Joko Susilo Utomo membuka rangkaian acara Open House Balitjestro dalam rangka HUT Badan Litbang Pertanian ke-40 dengan terus mengajak agar semua peserta (khususnya) mau mengajak semua masyarakat Indonesia mencintai Buah Jeruk Nusantara.

Dr. Harwanto sebagai ketua pelaksana memberikan gambaran berbagai kegiatan dalam Open House Balitjestro kali ini. Peserta kali ini diperkirakan sebanyak 700 orang dengan lingkup Malang Raya dan sekitarnya. Kusus untuk kursus,banyak peserta dari luar daerah seperti Kediri, Banyuwani, Blitar, Jogja, Madura, Lumajang, dll.

Buah Jeruk yang kita miliki sebetulnya tidak kalah, bahkan lebih baik. Jeruk dari petani Indonesia lebih segar dan lebih enak. Buah impor yang selama ini masuk Indonesia megalami banyak perlakuan sehingga lebih awet dan tahan lama. Bahkan banyak yang disimpan lebih dari 6 bulan untuk memenuhi pasar Indonesia.

Balitjestro yang oleh Badan Litbang Pertanian (Kementerian Pertanian) diberi mandat dalam penelitian dan pengembangan Jeruk dan Buah Subtropika lainnya telah mempunyai berbagai produk teknologi unggulan untuk dikenalkan kepada petani agar produksi, keseragaman dan kualitas jeruk Indonesia meningkat.

Beberapa teknologi unggulan tersebut adalah; Produksi benih jeruk bebas penyakit, tabulampot jeruk dan top working. Ke-3 teknologi ini menjadi materi kursus singkat dalam Open House 2014 ini. Selain itu ditampilkan pula display plasmanutfah jeruk dan buah subtropika, demo degreening, demo alat bark pesticide aplicator dan konsultasi agroklinik jeruk.  [zh/balitjestro]

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event