Pembuatan Sabun Cuci Berbahan Jeruk

Sesi materi yang diberikan sebelum praktek langsung pembuatan sabun cuci berbahan jeruk | Foto: Yasita @2020
 

Sabun cuci piring berkontribusi besar dalam membersihkan peralatan makan dan memasak peralatan dapur. Namun, pasti ada satu waktu di mana kita kehabisan sabun cuci piring dan kondisi sedang tidak memungkinkan untuk pergi ke toko. Kondisi seperti ini tidak menjadi alasan untuk berhenti mencuci piring karena kita bisa membuat sabun cuci piring sendiri dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan dengan mudah di rumah.

Membuat sabun cuci bahan dari jeruk menjadi salah satu favorit. Selain memang bau wanginya sudah sangat familiar, bahan alaminya memang membantu membersihan noda membandel dengan mengangkat minyak maupun bau tak sedap.

Lima puluh anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pemkot Kota Batu mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan sabun cuci berbahan jeruk di Gedung Pascapanen TSP Jeruk Balitjestro, Jumat (13/11). TSP Jeruk salah satu kegiatannya adalah memberikan training dan pelatihan inkubasi bisnis kepada masyarakat.

Mengikuti protokol kesehatan Covid-19, pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi 3 sesi/kelompok dengan masing-masing 15-20 peserta. Narasumber dalam kegiatan ini adalah peneliti pascapanen yaitu Imroah Ikarini dan Trifena Honestin. Peserta diberikan teori sekilas dan kemudian praktek membuat sabun bersama.Pelatihan ini merupakan rangkaian dari HUT DWP ke 21 yang akan dilaksanakan oleh Bidang Pendidikan DWP Kota Batu.

Pencampuran bahan pembuat sabun cuci berbahan jeruk | Foto: Yasita @2020
 

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan mengembangkan ketrampilan ibu-ibu dan juga memberikan ide bahwa di sekitar kita, banyak yang bisa diolah. Sekaligus mendukung untuk melakukan wirausaha.

 
 
Agenda

no event