Pelatihan Teknis Agribisnis Jeruk Bagi Petani

OLYMPUS DIGITAL CAMERAPeneliti dan Teknisi Balitjestro menjadi pembicara pada kegiatan pelatihan teknis agribisnis jeruk bagi petani yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Jawa Timur melalui UPT Pendidikan dan Pelatihan Pertanian Nganjuk (17-18/06).

 

Peserta berasal dari Kabupaten Madiun (4 orang), Kabupaten Ngawi (4 orang), Kabupaten Magetan (4 orang), Kabupaten Ponorogo (4 orang), Kabupaten Lumajang (3 orang), Kabupaten Nganjuk (3 orang), dan Kabupaten Malang (4 orang).

 

Setiono, SP.,  Susi Wuryantini, SP., Yunimar, S.Si, M.Si dan Ir. Otto Endarto, M.Si memberikan materi mengenai; (1) Pemilihan benih dan penanaman jeruk, (2) pemupukan, (3) pemangkasan dan penjarangan buah, (4) identifikasi dan pengendalian OPT utama tanaman jeruk dan (5) eradikasi dan penyulaman.

 

Materi yang disampaikan bersifat teknis dan peserta diajak pula untuk mempraktekkannya secara langsung. Dalam pelatihan ini disampaikan pula pentingnya untuk menjaga mutu buah jeruk yang dihasilkan (rasa warna, dan mulus) agar harga jual optimal dan konsumen mendapatkan produk terbaik.

 

Tanaman jeruk menjadi primadona baru yang terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan petani di daerah sentra di Jawa Timur. Daerah sentra jeruk yang saat ini muncul yaitu di Tuban, tepatnya di Desa Mulyorejo, Kecamatan Singgahan. Tanah sub optimal yang telah terlantar belasan tahun mampu diberdayakan menjadi tanah yang produktif dan di tahun ke-4 ini mulai memasuki panen ke-2 kalinya. [zh/balitjestro]

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jeruk di varietas Keprok Tejakula Tuban siap panen (18 Juni 2014)

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event