Pelatihan Petugas dan Petani Kabupaten Berau

[cml_media_alt id='2081']Kabupaten Berau[/cml_media_alt]Dinas Pertanian Tanaman Pangan  Kabupaten Berau Kalimantan Timur mengirimkan sejumlah petugas dan petani untuk mengikuti pelatihan budidaya jeruk di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika. Pelatihan yang dilaksanakan 15-17 Mei 2012 Ini dimaksudkan untuk lebih mengetahui dan menambah wawasan tentang budidaya jeruk yang sehat dan bebas penyakit. Provinsi Kalimantan Timur sendiri mempunyai 10 kabupaten dan 4 kota.

Sebagian besar dari Kabupaten mencanangkan program pengembangan pertanian sebagai arah pembangunannya sebagai antisipasi dari menipisnya cadangan kekayaan alam berupa emas, batubara, minyak bumi, dan kayu. Salah satu prioritas pengembangannya adalah komoditas hortikultura unggul asli asal Kalimantan Timur. Hortikultura yang dikembangkan adalah pengembangan kawasan jeruk khususnya Borneo Prima yang berwarna kuning. Untuk itu Kabupaten Berau berupaya mengembangkan jeruk sebagai produk unggulan selain tanaman hortikultura lainnya. Karena di Berau sendiri lahan yang ada masih cukup luas untuk ditanami jeruk sehingga untuk pengembangan lebih besar dapat dilaksanakan.

Pelatihan ini diikuti oleh 17 peserta yang diterima langsung oleh Dr.Ir Muchdar Soedarjo, MSi kepala Balitjestro.  Beliau mengharapkan dengan adanya pelatihan ini para petugas dan petani dapat mengimplementasikannya ke daerahnya agar pengembangan kawasan jeruk di Kabupaten Berau dapat terlaksana dengan baik, dan hasil yang diharapkan dapat maksimal.

Dalam pelatihan ini peserta diberikan materi-materi mengenai budidaya jeruk yang sehat dan bebas penyakit. Materi tersebut yaitu pengelolaan BF dan BPMT, kemudian pengenalan dan pengendalian hama penyakit, dan juga teknologi pembibitan dan perawatan tanaman jeruk yang benar. Selain mendapatkan materi peserta juga melakukan praktek di lapang untuk mengaplikasikan materi yang telah disampaikan. Setelah mendapatkan materi dan melakukan praktek di lapang para peserta diajak untuk mengunjungi sentra tanaman jeruk di Dau Malang. Disini peserta dapat melihat  dan berdiskusi dengan petani jeruk mengenai bagaimana budidaya jeruk untuk menambah wawasan serta dapat dijadikan referensi dalam rangka pengembangan kawasan jeruk di Kalimantan Timur khususnya Kabupaten Berau.

Tinggalkan Balasan

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah