Pelatihan Internet of Things (IoT)

Internet of Things merupakan salah satu ilmu dasar dalam pengembangan otomatisasi di segala bidang, hal ini adalah bagian dari konsep revolusi industri 4.0. Dan upaya yang dilakukan Balitjestro untuk mendukung program tsb  adalah dengan mengadakan pelatihan.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, dari tanggal 24-25 Januari 2019. Bayu Taruna Widjaya Putra, STP, M.Eng Phd sebagai narasumber dalam pelatihan ini merupakan dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Negeri Jember. Materi yang disampaikan meliputi 5 hal; Sensors and actuators,  Networks and Network Infrastructure, Planning and Deploying Sensors, Datalogging/Monitoring, Controlling.

Pelatihan terdiri dari teori dan praktek. Teori tentang IOT beserta komponennya perlu dipahami secara mendalam sebagai basic keilmuan. Selanjutnya  praktek  yang dilakukan adalah memprogram  beberapa sensor (DHT 22, ultrasonik, soil moisture, light sensor,LCD) dan actuators (relay, lampu) untuk monitoring/datalogging dan controlling.

Di sela pelatihan juga dilakukan diskusi tentang topik-topik penelitian yang berkaitan dengan IOt. Dengan pelatihan ini diharapkan peserta mampu memahami IOT dan mempraktekkannya sehingga bisa dikembangkan kedepannya. -Fanshuri-