Pedampingan Teknik Pemangkasan Jeruk

Bertempat di Desa Taman Sari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi Ir. Agus Sugiyatno, MP, Dwi Agung Susanto, SP dan Ady Cahyono, SP peneliti/teknisi Balitjestro melakukan pendampingan teknik pemangkasan pada tanaman jeruk kepada petugas Dinas Pertanian dan Pangan Kab Banyuwangi dan petani setempat, Rabu (03/11).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari kerjasama antara Diperta Kabupaten Banyuwangi dengan Balitjestro, dimana pada tahun 2018 telah ditanam 10 varietas jeruk komersial di Kecamatan Licin sebagai Uji Adaptasi VUB Jeruk Dataran Tinggi. Jumlah tanaman secara keseluruhan sebanyak 800 pohon (2 ha).

Tujuan pendampingan adalah untuk memandu petani/petugas dalam melakukan pemangkasan tanaman jeruk karena ditargetkan pada tahun 2022 nanti akan dilakukan panen perdana oleh bupati Banyuwangi sehingga ditahun ini diharapkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi bagus melalui pemangkasan. Selain pemangkasan, petani/petugas juga dilatih teknik pelengkungan/banding dengan tujuan untuk merangsang pembuahan tanaman jeruk keprok.

Secara keseluruhan, fisik tanaman jeruk cukup bagus bahkan beberapa tanaman sudah mulai berbuah yaitu Siam Madu,Keprok RGL, dan Keprok Terigas, hanya memang pemangkasan masih perlu diajarkan lagi karena beberapa tanaman sangat rimbun tajuknya karena terlambat dilakukan pemangkasan.