Partisipasi Peneliti Balitjestro dalam Seminar Peragi 2014

Peneliti

Solo. Peneliti Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) turut serta dalam Seminar Perhimpunan Agronomi Hortikultura (Peragi) yang diselenggarakan pada 13-14 November 2014 di Aula Pascasarjana Gedung Baru lantai 6 UNS Solo. Seminar kali ini mengambil tema “Adaptasi Perubahan Iklim dalam Upaya Penguatan Ketahanan Pangan”. Seminar ini diikuti oleh 110 pemakalah oral dan 57 pemakalah poster dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga penelitian.  Total ada 13 judul makalah dari peneliti Balitjestro yang dipresentasikan secara oral maupun poster.

Dalam sambutannya, Ir. H. Achmad Mangga Barani, MM sebagai Ketua Umum Peragi mengungkapkan bahwa secara agroekosistem, yang menjadi kendala dalam meningkatkan produktivitas tanaman, khususnya tanaman pangan semusim adalah kesesuaian ritmik pertumbuhan dan perkembangan tanaman dengan ritmik fluktuasi unsur-unsur iklim, terutama curah hujan.

Perubahan iklim yang terjadi dalam periode sepuluh tahun terakhir menunjukkan pergeseran awal musim hujan maupun kemarau. Sebarannya juga sulit diprediksi. Hal ini menyebabkan semakin memperbesar kendala pencapaian peningkatan produksi dan produktivitas tanaman. Kondisi yang demikian tentunya memerlukan upaya terobosan yaitu pengembangan teknologi produksi dan berbagai inovasi untuk penguatan ketahanan pangan.

Sebagai pemakalah utama dalam seminar ini adalah Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng., (Ketua BMKG) dengan judul “Adaptasi Perubahan Iklim dalam Upaya Penguatan Ketahanan Pangan,” yang kedua Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S (akademisi UNS Surakarta) dengan judul “Peranan Perguruan Tinggi pada Penguatan Ketahanan Pangan dalam Menghadapi Perubahan Iklim,” dan Ir, Achmad Mangga Barani, MM dengan judul “Kontribusi  Agronomi dalam Mendukung Penguatan Ketahanan Pangan dalam Menghadapi Perubahan Iklim.” [zh/balitjestro]

 

Tinggalkan Balasan