Partisipasi Balitjestro dalam Workshop on Researching Seed Value Chain

Partisipasi Balitjestro dalam Workshop on Researching Seed Value Chain  (3)Puslitbang Hortikultura Badan Litbang Pertanian bekerjasama dengan MB IPB dan Adelaide University (ACIAR) menyelenggarakan Workshop on Researching Seed Value Chain pada 19-20 Agustus 2015 di IPB Convention Center, Bogor. Hadir sebagai perwakilan dari Balitjestro yaitu Dr. Harwanto dan Zainuri Hanif, S.TP.

Pada hari pertama membahas mengenai Horticulture Seed Markets in Indonesia, menghadirkan pembicara sesi 1 yaitu Afrizal Gindow (East West) dan Jemmy Eka Putra (PT Bisi) dengan tema Contemporary issues in the Asian horticulture markets, Dr. Prama Yufdy dari Puslitbang Hortikultura dengan tema Government programs on horticulture seed R&D and dissemination dan Thomas Reardon dengan tema Contemporary Issues in the Asian Horticulture Market (Inputs to Outputs).

Pembicara dari pihak swasta banyak mengupas mengenai tantangan hortikultura Indonesia dan kiprah perusahaan lebih dari 30 tahun melakukan penelitian dan pengembangan benih. Menurut data sensus pertanian 2013, jumlah rumah tangga pertanian 26,135 juta dimana 10,602 juta (40,57%) bekerja di bidang tanaman hortikultura.

Sedangkan pada sesi kedua membahas mengenai Horticulture Retail Markets. Hadir sebagai pembicara yaitu Indra Budiana (Lotte Mart), Dr. Ir Hoetomo Lembito, MBA (Asosiasi Logistik Indonesia), dan Achmad Rivani (PT Bimandiri).

Pada sesi kedua ini pembahasan lebih banyak mengenai kondisi dan tantangan retail market di Indonesia. Membangun bisnis pertanian selayaknya berbagi peran penguasaan antara hulu ke hilir. Rantai nilai harus dibangun berkeadilan dimana setiap pihak yang berperan mendapatkan peran dan porsi keuntungan yang adil sehingga menjadi rantai nilai yang sehat.

Persaingan usaha diantara pelaku bisnis hortikultura di masa depan tidak lagi didasarkan atas besaran skala usaha dan persaingan harga, tetai atas dasar seberapa besar kemampuan pelaku usaha melakukan efisiensi dalam pengelolaan rantai pasok.

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event