Parade Pangan Nusantara 2014, Stand Balitbangtan Tampilkan Produk Unggulan

Menteri Pertanian di stand Balitbangtan
Menteri Pertanian di stand Balitbangtan

Balitjestro berpartisipasi dalam stand Badan Litbang di Pameran Parade Pangan Nusantara yang diselenggarakan TNI di lapangan Rampal Malang. Acara ini berlangsung pada Rabu, 16 Januari sampai Ahad, 20 Januari 2014.

Kegiatan ini diresmikan oleh Menteri Pertanian RI Ir.H Suswono, MMA., yang menyampaikan “Sudah waktunya negara ini tidak memiliki ketergantungan terhadap impor. Kita ingin pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di urutan nomor dua setelah Cina. Karena itu sudah menjadi keharusan bagi semua komponen bangsa ini bersinergi mewujudkan ketahan pangan yang dapat dihasilkan dan disediakan sendiri,” ujarnya.

Sedangkan Panglima TNI Jendral Moeldoko menyatakan TNI akan mendukung program tersebut dan bersedia menyediakan assetnya yang berada di berbagai pelosok negeri untuk pemenuhan kebutuhan pangan. Untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan, Indonesia harus mampu mandiri dan TNI mempunyai semangat kuat untuk berbuat sesuatu untuk negara ini. Dengan ketahanan dan kedaulatan pangan, tentunya keamanan negara yang menjadi tanggungjawab TNI akan lebih terjamin. Di sinilah peran TNI bersama rakyat harus turut menjaga persoalan pangan nasional.

pameran dan seminar proposal1Slogan yang diusung adalah “Rakyat Bersama TNI Turut Serta Mengawal Ketahanan Pangan Menuju Kedaulatan Pangan Nasional”. Dalam acara Parade Pangan Nusantara ini, ditampilkan berbagai produk olahan pangan, produk segar, bursa tanaman, pameran sarana dan prasarana pertanian, makanan dan minuman nusantara, benih unggulan dari berbagai daerah dan berbagai acara pendukung lainnya seperti lomba kreatif makanan dan minuman olahan, serta yang lebih seru adalah demo masak chef AD, AL, AU, serta pemecahan Rekor MURI Tempe Terbesar

Selain pameran, pengunjung juga dihibur dengan berbagai kesenian, mulai dari tarian, musik, dan pemutaran film. Parade ini diikuti oleh (Kodam) Komando Daerah Militer, Propinsi, Pemkot/Pemkab di wilayah Jawa Timur, Instansi pusat seperti Balitbangtan se-Jawa Timur, serta Instansi dan Perusahaan-Perusahaan Swasta di Tanah Air.

Balitjestro menampilkan jeruk unggulan yaitu Keprok Batu 55, Keprok Madura, Jeruk Purut, Lemon Mamuju dan Stroberi hasil dari kultur meristem. Stand yang tidak terlalu luas dan digunakan oleh ke-4 UPT Balitbangtan lingkup Malang Raya (Balitjestro, Balitkabi, Balittas dan BPTP Jawa Timur) membuat pengunjung berdesakan dan di jam tertentu harus antri. Banyak pengunjung yang antusias untuk membeli tanaman jeruk untuk koleksi di pekarangan rumah yang sempit, apalagi pada pameran ini ditampilkan tabulampot jeruk umur 3 tahun yang sudah berbuah.

Karena keterbatasan lokasi pameran, para pengunjung pun tidak terlayani dan dipersilahkan mengunjungi Balitjestro yang berlokasi di Jalan Raya Tlekung No.01 Kota Batu. Atau di pusat perbenihan Balitjestro dengan lebih dari 210 varietas yang terdapat di Kebun Percobaan Punten yang beralamat : Jl. Mawar Putih 90, Sidomulyo, Batu 65317. Telp. 0341 (595056). Disini terdapat koleksi plasma nutfah jeruk terlengkap di Indonesia dan sebagai show window pembibitan jeruk bebas penyakit, terdapat pula koleksi Blok Fondasi (BF) dan Blok Penggandaan Mata Tempel (BPMT) Jeruk.pameran dan seminar proposal8

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event