Panyakit Busuk Buah Pada Apel

Buah apel terserang penyakit busuk buah/mata ayam. Foto : @fanhashnj Diperta Batu

Penyakit busuk buah pada apel atau petani sering menyebutnya mata ayam merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kerugian bagi petani. Buah yang terserang akan cepat menyebar sehingga tanaman bisa terancam gagal panen.

Penyakit ini seringkali menyerang buah yang telah berumur diatas 3 bulan atau hampir rompes. Pertahanan tanaman secara aktif ditunjukkan dengan adanya warna merah disekitar gejala yang melokalisir serangan oleh jamur.

Peneliti entomologi Balitjestro Ir. Otto Endarto M.SiĀ  menjelaskan bahwa penyakit ini disebabkan oleh jamur Gloeosporium sp. Gejalanya adalah mula-mula terjadi bercak coklat muda dengan titik kehitaman.

Bercak itu lama kelamaan menjadi coklat tua yang semakin lebar, selanjutnya berubah menjadi oranye. Konidium hialin berwarna oranye. Penyebaran melalui angin, percikan air hujan dan alat pertanian yang terkontaminasi

Untuk mengendalikannya diperlukan cara untuk memutus siklus hidup penyebaran jamurnya. Kegiatan ini harus dilakukan serentak agar berhasil. Salah satu caranya adalah buah yang terserang harus segera dipetik dan dikubur atau dibuang dari kebun.

Selain itu pengendalian dengan pestisida bisa menggunakan bahan aktif metil tiofanat, tebuconazol, azoxistrobin+difenokonazol.

Kebersihan kebun dan kondisi yang tidak terlalu lembab dan buah mendapat matahari langsung akan menghambat terjadinya penyakit, karena spora yang ada tidak dapat tumbuh pada kondisi tersebut.

Agenda

no event