Panen perdana OPAL Balitjestro

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian Dr. Ir. Hardiyanto, M.Sc mengadakan kunjungan kerja di Balitjestro, Senin (24/06/2019).

Agenda kegiatan yaitu meninjau lokasi OPAL (Obor Pangan Lestari) sekaligus panen perdana tanaman sayuran bersama Kepala BB Pengkajian Dr. Ir Muhammad Taufiq Ratule, M.Si Kabag TU Puslitbanghorti Drs Paidi, MM, M.Si, Kabid Program dan Evaluasi Dr. Yudi Sastro, SP.MP.

Obor Pangan Lestari (OPAL) adalah satu program diseminasi yang sedang digencarkan oleh Balitbangtan. Program ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia (Permentan) nomor 10 tahun 2019 tentang OPAL.

Tujuan akhir kegiatan OPAL Balitjestro tahun 2019 adalah untuk mewujudkan OPAL menjadi show window pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga bagi masyarakat.

Display ini akan menjadi  strategis karena secara fungsional mewakili peran Kementerian Pertanian di daerah dan untuk kepentingan daerah terhadap akses inovasi teknologi pertanian. Hal ini merupakan salah satu mekanisme dan metode proses diseminasi yang tepat dan sesuai kebutuhan pengguna untuk melihat langsung keunggulan dari inovasi teknologi tersebut.

Ke depan OPAL di lingkup Balitjestro akan memanfaatkan Internet Of Think (IOT) dalam pengelolaannya sesuai era revolusi industri 4.0. (af)