Pamelo Bageng Taji, manis dan tanpa biji

Jeruk Pamelo atau masyarakat sering menyebut dengan jeruk bali sangat beragam jenisnya. Di beberapa wilayah dapat kita jumpai buah ini apabila sedang musim panen seperti di Magetan, Pangkep, Pati dan sekitarnya.

Pamelo beragam jenisnya antara lain, Nambangan, Sri Nyonya, Sigola-Gola, Magetan, Astano, pangkajene Merah dan Putih, Giri Matang, ratu, Raja , Bageng Taji dan beberapa jenis yang lain.

Salah satu varietas yang khas dan banyak di minati konsumen adalah Pamelo Bageng Taji. Jeruk ini telah terdaftar varietasnya berdasarkan SK Menteri Pertanian No 658/Kpts/SR.120/2/2010

Buah yang berasal dari Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah ini memiliki cita rasa yang manis, tesktur buah yang lembut dengan daging buah merah. Selain itu keunggulan lain buah ini adalah tanpa biji.

Pamelo ini memiliki berat antara 2,68 – 3,00 kg/buah . Produktivitasnya 200 – 240 kg/pohon/tahun dan beradaptasi dengan baik 100 – 400 mdpl.

Saat musim panen,apabila berkunjung di daerah Pati dan sekitarnya buah ini dapat menjadi buah tangan maupun sebagai oleh-oleh. (af)

Agenda

no event