Optimisme Membangkitkan Jeruk di Pagar Alam

pagar-alam

Success story jeruk Rimau Gerga Lebong (RGL) di Bengkulu menginspirasi petani Pagar Alam, Sumatera Selatan untuk membangkitkan kejayaan jeruk di daerahnya. Sekitar empat tahun lalu, Sidarhan petani sayur di Desa Gunung Agung, Kec. Dempo Utara memelopori penanaman jeruk RGL di lereng Gunung Dempo. Meskipun belum memberikan hasil yang optimal, performa tanaman yang yang bagus mampu menyedot perhatian petani di sekitarnya.

Gayungpun bersambut, semangat membara petani ditanggapi positif oleh pemerintah Pemkot Pagar alam maupun Pemprop. Sumatera Selatan dengan memberikan stimulan benih jeruk varietas RGL dan keprok Batu 55. Umpan yang ditabur pemerintah ternyata efektif, terbukti dengan pesatnya pertambahan kebun jeruk. Menurut Kabid horti diperta Pagar Alam, Bp. Dekky Aprizal, luasan kebun jeruk di Pagar Alam sekitar 50 ha yang sebagian besar dilakukan petani secara mandiri.

Petani sangat optimis asa membangkitkan kejayaan jeruk di Pagar Alam segera menjadi kenyataan. Pasalnya, pengembangannya dikawal oleh Diperta bersama Badan Litbang Pertanian dengan menerapkan inovasi Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat. (sutopo)

Agenda

no event