Opening Ceremony International Conference on Tropical Horticulture

ICTH 2013International Conference on Tropical Horticulture diselenggarakan oleh Badan Litbang Pertanian di Yogjakarta pada 2-4 Oktober 2013. Dalam sambutannya, Dr. M. Prama Yufdy (IAARD) memberikan apresiasi terhadap seluruh peserta yang berasal dari berbagai kota di Indonesia dan peserta dari luar negeri yaitu dari Jepang, Thailand, Filiphina, Belanda dan negara lainnya.

Pada acara ICTH 2013 ini ditampilkan kebudayaan Indonesia dalam bentuk tarian tradisional, 18 pembicara utama dari berbagai negara, makalah poster dari 111 peneliti, field trip ke Agrotourism Salak, Agrotourism Krisan dan Minuman Herbal, Mirota Batik, dan pameran P2FN di Timoho Yogyakarta.

Opening Speech dan Keynote Speaker oleh Dr. Kasdi Subagyono, M.Sc (Sekretaris Badan Litbang Pertanian) mengungkapkan bahwa inovasi di bidang Hortikultura diharapkan dapat fokus tidak hanya pada hulu tapi sampai hilir yaitu mudahnya akses logistik produk hortikultura kepada konsumen. Hal itu dapat dicapai jika ada sinergi, harmonisasi dan kerjasama yang efektif antar institusi pusat-daerah dengan dukungan fasilitas yang memadai.

Dengan strategi penelitian dan pengembangan di bidang hortikultura yang mencapai target pembangunan 2010-2014, diharapkan dalam beberapa tahun mendatang (1-2 tahun) akan mencapai akselerasi untuk kesejahteraan petani Indonesia. [z@in]

Related Post

Tinggalkan Balasan