Observasi Lapang untuk Peningkatan Pengetahuan Petugas

Para petugas diberi penjelasan tentang teknik budidaya dan pengelolaan kebun jeruk oleh Ady Cahyono, SP teknisi Balitjestro
Para petugas diberi penjelasan tentang teknik budidaya dan pengelolaan kebun jeruk oleh Ady Cahyono, SP teknisi Balitjestro

Sebanyak 40 orang petugas Dinas Pertanian dan pemelihara kebun tanaman buah UPTD Balai Benih Pertanian Kota SemarangĀ  melakukan observasi lapang di Balitjestro, Rabu 27 April 2016.

Kegiatan ini bertujian untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola kebun buah. Untuk mengelola kebun buah diperlukan peningkatan keterampilan petugas untuk mewujudkan kebun buah sebagai pusat percontohan dan edukasi bagi para petani. Untuk itu para petugas ini diharapkan dapat menyerap ilmu pengelolaan tanaman buah meski hanya melakukan kunjungan singkat.

Menanggapi kegiatan ini Ir. Sutopo, M.Si peneliti Balitjestro memberikan materi tentang model pengelolaan dan teknik budidaya buah dalam hal ini jeruk kepada peserta. Materi tersebut mencakup model pengembangan baik teknologinya maupun cara pengelolaannya agar dapat terwujud.

Berbagai inovasi teknologi Balitbangtan diterapkan untuk mendukung program pengembangan agribisnis hortikultura untuk meningkatkan produksi sehingga meningkatkan ekonomi dari petani maupun pelaku agribisnis lainnya.

Selain mendapatkan teori para peserta diajak langsung di kebun jeruk untuk melihat cara pengelolaan kebun. Di lapang peserta dapat berdiksusi dengan Ady Cahyono, SP teknisi Balitjestro. Dengan melihat dan belajar cara mengelola dan teknik budidayanya diharapkan dapat diadopsi untuk diterapkan petugas di Kota SemarangĀ  sehingga program yang direncanakan akanĀ  terwujud.

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event