Obor Pangan Lestari (OPAL) Balitjestro

Obor Pangan Lestari (OPAL) adalah satu program diseminasi yang sedang digencarkan oleh Balitbangtan. Program ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia (Permentan) nomor 10 tahun 2019 tentang OPAL.

Tiga hal yang yang menjadi pertimbangan dalam penerbitan aturan tersebut adalah; (1) penganekaragaman konsumsi pangan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat dan mendukung hidup sehat, aktif dan produktif, (2) berdasarkan Pasal 26 Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi, penganekaragaman pangan dapat dilakukan salah satunya melalui pengoptimalan pemanfaatan lahan pekarangan, (3) dalam rangka pengoptimalan pemanfaatan lahan pekarangan, perlu dilakukan promosi penganekaragaman pangan dan pemenuhan gizi masyarakat oleh instansi pemerintah sebagai sarana percontohan untuk masyarakat melalui OPAL.

Peraturan tersebut juga menyebutkan bahwa pekarangan yang dimaksud adalah lahan yang dimiliki/dikuasai dan berada di sekitar area kantor Unit Kerja Eselon I lingkup Kementrian Pertanian, Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementrian Pertanian, dan dinas daerah provinsi, kabupaten/kota yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertanian dan atau pangan.  Dalam hal ini Balitjestro merupakan salah satu UPT lingkup Kementrian Pertanian dibawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti) Balitbangtan.

Berdasarkan hal tersebut diatas maka dalam kawasan pekarangan perkantoran Balitjestro telah dibangun display (percontohan/sarana pembelajaran) untuk mengimplementasikan Permentan tersebut. Display ini akan menjadi show windows yang sangat strategis karena secara fungsional mewakili peran Kementerian Pertanian di daerah dan untuk kepentingan daerah terhadap akses inovasi teknologi pertanian. Hal ini merupakan salah satu mekanisme dan metode proses diseminasi yang tepat dan sesuai kebutuhan pengguna untuk melihat langsung keunggulan dari inovasi teknologi tersebut.

Tujuan

Tujuan kegiatan OPAL mendukung diseminasi Balitbangtan adalah sebagai berikut:

  • Untuk menampilkan berbagai inovasi teknologi Balitbangtan kepada masyarakat
  • Untuk menyediakan sarana konsultasi inovasi teknologi pertanian bagi penyuluh/petugas lapang dan masyarakat lainnya yang ingin mengembangkan inovasi pertanian.

Tujuan akhir kegiatan OPAL Balitjestro tahun 2019 adalah untuk mewujudkan OPAL menjadi show window pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga bagi masyarakat.

Metode Pelaksanaan Kegiatan

Taman Agro Inovasi sebagai Display Inovasi Teknologi

Tata kelola Taman Agro Inovasi (Tagrinov) terutama dilakukan untuk mendukung fungsi display inovasi Balitbangtan yang diwujudkan dalam bentuk taman. Untuk menunjukkan fungsi display tersebut, tata kelola Tagrinov dapat diarahkan pada hal-hal berikut:

  • Penataan kelompok berdasarkan komoditas, misalnya: kelompok tanaman hortikultura.
  • Penataan display inovasi hidroponik.
  • Penataan display tanaman buah dalam pot.
  • Penataan display produk Balitbangtan.

Taman Agro Inovasi sebagai Klinik Agribisnis

Bentuk layanan Klinik Agribisnis yang diberikan kepada masyarakat akan diselenggarakan melalui konsultasi ketika ada kunjungan. Klinik Agribisnis penyelenggaraannya sebagai bagian dari kegiatan yang tidak terpisahkan dari Tagrimart berfungsi memberikan pelayanan kepada masyarakat berkolaborasi dengan Seksi Kerjasama Penelitian dan Pelayanan Teknologi dan Kelompok Peneliti terkait penyediaan bahan informasi dan narasumber yang berkompeten dalam merespon kebutuhan informasi oleh masyarakat. Aktivitas pelayanan akan dilaksanakan pada hari dan jam kerja dinas. Namun tidak menutup kemungkinan untuk diselenggarakan di luar hari dan jam kerja terutama ketika ada eduwisata di KP Tlekung.

Taman Agro Inovasi Mart (T’Agrimart)

Taman Agrimart merupakan sarana untuk menjual hasil taman Agro Inovasi kepada pembeli yang berkunjung dan dipromosikan dilakukan melalui jejaring sosial dan website Balitjestro. Penjualan juga akan bekerjasama dengan koperasi karyawan Balitjestro KPRI Citrus dan KP Tlekung.