Nunukan pun Terpikat Mengembangkan Jeruk

[cml_media_alt id='2025']Nunukan Kembangkan Jeruk[/cml_media_alt]Pemagangan Petugas Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Nunukan di Balitjestro

Pada tanggal 14-18 Nopember 2011 Balitjestro memberikan  pelatihan kepada 10 peserta magang dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Nunukan. Pada pelatihan ini tema yang dibahas adalah Pembibitan, Pengendalian Hama/Penyakit dan Budidaya Tanaman Jeruk.

Kabupaten Nunukan mempunyai potensi dan prospek positif untuk pengembangan tanaman jeruk. Dengan demikian ada suatu peningkatan pengetahuan bagi petugas didalam memberikan penyuluhan kepada petani dalam upaya mengembangkan budidaya tanaman jeruk sehat yang bebas penyakit. Dengan adanya pemagangan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas jeruk, pengelolaan tanaman yang baik, serta mampu mengembangkan tanaman jeruk yang bebas penyakit. Dengan adanya pembinaan dan pengawalan dari Balitjestro tentang teknologi sesuai materi pemagangan akan menjadikan produksi dan kualitas jeruk yang dihasilkan akan semakin meningkat.

Selain diberikan materi petugas juga melakukan praktikum dalam kegiatan pengelolaan tanaman jeruk yang bebas dari penyakit. Hal ini dimaksudkan agar dalam penerapannya di lapangan petugas dapat memberikan contoh dan mengajak petani untuk melakukan pengeloaan tanaman yang lebih baik.

Untuk lebih memantapkan program yang akan dilaksanakan, petugas  mengikuti kegiatan kunjungan ke sentra kebun jeruk Selokerto di Dau Malang. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi jeruk maupun tanaman yang ada di Selokerto yang kemudian dapat dijadikan acuan dalam pengembangan jeruk di Kabupaten Nunukan yang mempunyai potensi dalam usaha mengembangkan tanaman jeruk. Dari pemagangan ini diharapkan petugas dapat mengimplementasikan apa yang didapat dari pelatihan yang telah dilakukan selama 4 hari di Balitjestro untuk disampaikan kepada petani di Kabupaten Nunukan

Tinggalkan Balasan