New Zealand Jajaki Kerjasama Penelitian Agribisnis Jeruk dan Buah Subtropika di Indonesia

Pada Kamis, 7 Desember 2017, Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menerima kunjungan tim peneliti dari New Zealand Institute for Plant and Food Research, yang terdiri dari tiga orang yaitu Dr. Allan Woolf, Suzie Newman, dan Tiago Wandschweider. Mereka didampingi oleh Dr. Felix Zulhendri dari pihak konsultan Indonesia.

Maksud dari kunjungan ini adalah dalam rangka scoping study dan penggalian informasi tentang kondisi agribisnis jeruk di Indonesia, dalam upaya untuk penjajakan kerjasama penelitian antara New Zealand Institute for Plant and Food Research dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti) dan Balitjestro Indonesia. Potensi kerjasama kemungkinan akan diarahkan pada komoditas buah mangga, jeruk, dan apel serta komoditas sayuran. New Zealand Institute for Plant and Food Research sendiri merupakan lembaga penelitian dan pengembangan yang berada di New Zealand yang bertujuan untuk menciptakan inovasi yang memberi nilai tambah bagi produk buah-buahan, sayuran, tanaman dan produk makanan lainnya.

 

Kunjungan diterima oleh Dr. Anang Triwiratno, MP, selaku Kasie Yantek dan Jaslit Balitjestro, bersama Ir. Nurhadi, MSc, selaku Koordinator Program Balitjestro, dan beberapa tim peneliti Balitjestro yaitu Lizia Zamzami, SP. dan Lyli Mufidah, SE.

Kemudian Ir. Nurhadi, MSc memberikan presentasi secara singkat mengenai kondisi umum agribisnis jeruk di Indonesia, potensi dan permasalahan yang dihadapi, serta peran Balitjestro bagi pengembangan agribisnis jeruk di Indonesia. Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi mengenai isu-isu penting yang menjadi permasalahan dalam industri jeruk Indonesia, dan kegiatan kerjasama apa saja yang sudah pernah dilakukan oleh Balitjestro bersama lembaga riset internasional lainnya. (Lizia)