Musim Panen Tiba, Nikmati Segarnya Lengkeng Nusantara di Kota Batu

Petani lengkeng di Batu sedang menimbang hasil panenannya
Petani lengkeng di Batu sedang menimbang hasil panenannya

Kota batu merupakan salah satu sentra penghasil buah lengkeng. Varietas yang banyak ditanam oleh petani adalah sikep, batu dan mutiara. Tanaman lengkeng tersebut dibudidayakan di lahan pekarangan saja sehingga kepemilikan setiap petani sedikit dan pemeliharaanya tidak intensif.

Tanaman lengkeng di kota Batu mulai berbunga dari bulan oktober sampai november. Buah masak optimal membutuhkan waktu 5-6 bulan sehingga musim panen akan terjadi di Februari sampai dengan awal akhir April. Buah yang masak ditandai dengan kulit buah yang halus, daging buah manis, lunak dan beraroma.

Kelebihan lengkeng hasil produksi dalam negeri adalah rasanya yang segar dibanding impor karena tanpa bahan pengawet sehingga aman bagi kesehatan. Kalau kita sudah terbiasa mengkonsumsi buah lengkeng produksi dalam negeri, kita akan dapat merasakan bahwa buah lengkeng impor mempunyai rasa yang sedikit pahit dan tidak segar. Oleh karena itu, datanglah ke kota Batu pada bulan ini agar bisa merasakan segar dan nikmatnya buah lengkeng nusantara. [buyung al fanshuri/balitjestro]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event