Monitoring Organisme Pengganggu Tanaman Jeruk Menggunakan ES

Penelitian teknologi rancang bangun Expert System (ES) menghasilkan program atau sistem aplikasi untuk melakukan pemantauan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) utama jeruk berbasis web yang dapat digunakan sebagai komponen monitoring perkembangan hama di lapangan secara real time.

Teknologi tersebut dapat digunakan untuk monitoring perkembagan populasi atau serangan OPT jeruk secara langsung dan tidak langsung di lapangan yaitu aplikasi sistem pakar dan remote sensing berbasis teknologi informasi (WEB). Pengguna dapat melakukan pengamatan secara online pada aplikasi sistem pakar yang hasilnya akan secara otomatis terekam pada sistem.

Hasil pengamatan yang terekam menunjukkan status serangan OPT saat itu (real time) di lokasi atau daerah pengamatan tertentu di masing-masing lokasi. Untuk Remote Sensing monitoring dilakukan terhadap OPT (hama) yang tertangkap pada perangkap yang dipasang sebagai alat monitoring. Kondisi serangga yang tertangkap pada perangkap di lokasi yang ditempatkan akan terekam saat itu juga dan dapat dipantau melalui web. Teknologi rancang bangun remote sensing berbasis teknologi informasi diharapkan menjadi basis data sebagai komponen early warning system (EWS) untuk forecasting hama utama tanaman jeruk.

Sistem pakar (expert system) disusun untuk memudahkan pengguna (petani, petugas) untuk melakukan monitoring atau pengamatan OPT dan mengetahui hasil serta mengambil keputusan apakah kondisi populasi hama di lapangan perlu dikendalikan atau tidak dikendalikan. Teknologi sistem pakar ke depan juga akan dapat di instal pada telepon genggam  yang berbasis android. Oleh karena itu peluang pemanfaatannya sangat besar untuk digunakan secara langsung di lapangan. Keunggulan dari teknologi ini adalah mudah diaplikasikan, dapat digunakan oleh petugas atau petani yang paham maupun tidak paham tentang hama tanaman jeruk, dapat untuk monitor secara langsung (real time) kondisi status OPT jeruk di sentra produksi.

Program aplikasi sistem pakar yang dihasilkan divalidasi di beberapa daerah sentra produksi jeruk Indonesia dan mendapat banyak masukan dari pengguna. Masukan dan saran dari pengguna dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan dalam aplikasi sistem pakar. Rencana pengembangan aplikasi sistem pakar berbasis web menjadi berbasis android diharapkan akan meningkatkan adopsi teknologi karena dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan sistem aplikasi dimaksud, karena lebih sederhana dan efisien dalam aplikasinya.

Aplikasi berbasis android sudah mulai diinisiasi, namun akan dikembangkan setelah aplikasi berbasis web diluncurkan. Komponen expert  system berbasis android yang dirancang terdiri atas 1) splash screen, 2) login dan register, 3) home, tutorial, 4) sistem pakar (pengamatan online dan offline), 5) pilihan gejala, 6) informasi pengamantan, dan hasil pengamatan. (susi w)