Monev Pengelolaan Plasma Nutfah Stroberi

[cml_media_alt id='288']Pemeliharaan tanaman stroberi[/cml_media_alt]
Pemeliharaan tanaman stroberi
Stroberi menjadi komoditi penelitian di Balitjestro sejak 4 tahun yang lalu. Dan sampai sekarang, perkembangannya belum menggembirakan. Di seluruh Indonesia, diperkirakan saat ini lebih dari 500 hektar lahan yang ditanami stroberi. Semuanya ada di dataran tinggi. Sampai sekarang ini, secara nasional kebutuhan benih stroberi yang tinggi belum terpenuhi. Impor benih menjadi salah satu alternative, meskipun biaya membengkak dan harus melewati karantina pertanian.

Dr. Muchdar Kepala Balitjestro melakukan tinjauan langsung ke lapang dan memberi arahan agar stroberi di kebun dapat maksimal. Kualitas buah yang masih beranekaragam dan tampilan tanaman yang tidak segar menjadi fokus utama monev kali ini.  Tim plasmanutfah Balitjestro ditantang untuk menghasilkan buah stroberi yang lebih baik atau minimal sama dengan yang ada di supermarket. Dari sekian koleksi yang ada, beberapa aksesi berpeluang menjadi buah unggulan, yaitu Dorit, Rosalinda dan Chandler.

Bagi tim plasmanutfah stroberi, kunjungan dan arahan kepala balai ini menjadi kesempatan yang baik untuk mengurai masalah yang ada. Semoga tanaman stroberi ke depan lebih baik dan mampu menjawab permasalahan di petani.

 

Tinggalkan Balasan

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah