Monev dan Sosialisasi Pelaksanaan SPI UPT Lingkup Badan Litbang Pertanian Jawa timur

Untuk meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan pengelolaan laporan serta menciptakan kehandalan dalam laporan di lingkungan pemerintah perlu dilakukan dengan Sistem Pengendalian Internal (SPI) secara benar dan tepat. Untuk memberikan sosialisasi mengenai Sistem Pengendalian Internal (SPI) maka Badan Litbang Pertanian Pertanian menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi serta Sosialisai SPI di Balai Penelitian Tanaman Jeruk Dan Buah Subtropika ( Balitjestro ) . Acara ini diikuti oleh UPT Badan Litbang lingkup Jawa Timur dan laksanakan selama 3 hari pada tanggal 23 sampai dengan 25 Oktober 2012.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) kepada pejabat dan pegawai lingkup pertanian sesuai amanah yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Acara ini di buka oleh Dr.Ir. Yusdar Hilman, MS Kepala Puslitbanghorti mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian, yang dalam sambutannya menekankan tentang tujuan dari kegiatan tersbut yang antara lain monitoring pelaksanaan SPI , melaksanakan monev SPI serta reviu pelaksanaan SPI di lingkup UPT Badan Litbang wilayah Jawa Timur. Selain itu pelaksanaan SPI ini harus berdasarkan pada juklak yang ditetapkan oleh Badan Litbang. Beliau juga mengharapakan adanya usaha untuk meningkatkan kegiatan SPI dengan efektif, efisien, ekonomis dan tertib.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 5 UPT Badan litbang Jawa Timur yaitu, Balitjestro, BPTP, Balittas, Balitkabi, serta Lolit Sapi Potong ini banyak melakukan diskusi tentang penyelenggaraan SPI di masing unit kerja. Disamping itu para peserta juga menyampaikan presentasi mengenai pelaksanaan SPI di lingkungan kerja masing-masing untuk selanjutnya dievaluasi oleh perwakilan dari Badan litbang Pertanian. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat tercipta pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal yang benar sesuai dengan prosedur yang ada sehingga mampu menciptakan sistem kerja yang baik dan sesuai dengan peraturan yang ada

 

Tinggalkan Balasan