Modernisasi Sentra Produksi Jeruk di Indonesia (Manajemen Produksi, Jaringan Pemasaran dan Pembinaan Petani)

(Modernization of Citrus Production Center in Indonesia (production Management, Marketing Network and Farmer Building))

Prosiding Seminar Nasional Jeruk Tropika Indonesia, Batu, 28-29 Juli 2005, hal. 12-28

Achmad Dimyati
Direktorat Jenderal Hortikultura

Abstrak
Permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan jeruk di Indonesia adalah mutu buah yang rendah, yaitu penampilan buah kurang menarik, rasa dan warna yang beragam. Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu melalui pengembangan sistem jaminan mutu buah jeruk perlu lebih ditingkatkan. Dalam manajemen produksi dapat ditempuh langkah-Iangkah sebagai berikut : (1) penerapan GAP/Panduan Budidaya Buah yang Benar (PB3); (2) pengembangan kebunjeruk percontohan; dan (3) pengembangan sistem mutu buah-buahan yang meliputi integrasi sistem mutu, penguatan lembaga sertifikasi sistem mutu, sosialisasi sistem mutu, dan harmonisasi sistem mutu. Dalam upaya mengatasi kendala-kendala pemasaran dapat ditempuh : (1) pengembangan saluran pasar buah bermutu; (2) fasilitasi promosi jeruk bermutu; (3) fasilitasi pertemuan, pengembangan rantai pemasaran dan jaringan kerjasama antara pelaku produksi dan pemasaranjeruk; dan (4) penyediaan sarana pemasaran. Dalam pembinaan petani dan kelembagaan tani yang merupakan dinamika sistem agribisnis jeruk telah dilakukan beberapa upaya : (1) pengembangan dan pemantapan sentra produksi jeruk melalui dana pembantuan (dana dekonsentrasi); (2) pelatihan dan pembimbingan penerapan GAP/SPO Jeruk; dan (3) pemberdayaan kelembagaan petani.
Kata kunci: Jeruk, manajemen produksi, jaringan pemasaran, pembinaan kelembagaan tani.

Abstrak
The problem of citrus development in Indonesia is the low quality of fruit, such as bad fruit appearance and various kind of fruit taste and color. That is why increasing quality effort through guarantee system development of citrus quality is needed. The steps taken in the production management are : (1) application of the correct fruit cultivation guide; (2) development of model citrus orchard; and (3) facility of business meeting, marketing chain development and cooperation network among production doers and citrus marketing; and (4) supply of marketing facility. The efforts of farmer building and farmer institution which include to system dynamics of citrus agribusiness are: (1) development and stabilization of citrus production center through deconcentration; (2) trammg and guiding of citrus GAP/SPO application; and (3) farmer institution efficiency.
Keywords : Citrus, production management, marketing network, farmer institutional building.

Artikel lengkapnya bisa di download disini atau disini

Agenda

no event