Minuman Jeruk Segar Penambah Imun Tubuh

Oleh: Imro’ah Ikarini

Jestrofresh, Sari buah jeruk unggulan TSP Jeruk

Pengolahan jeruk menjadi minuman sari buah dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah jeruk. Minuman sari buah jeruk saat ini menjadi sangat populer karena memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dimasa pademi. Jeruk keprok terigas merupakan varietas jeruk yang telah dilepas dan ditetapkan dengan keputusan Menteri Pertanian nomor 2095/Kpts/SR.120/5/2009. Berdasarkan surat keputusan pelepasan, jeruk keprok terigas memiliki ciri-ciri produktivitas tinggi, rasa manis asam segar, tekstur berserat harus, aroma kuat beradaptasi baik di dataran rendah.Warna daging buah nya adalah kuning kemerahan (orange) dengan kandungan vitamin C sebesar 32,3 mg/100 gram, sehingga sangat cocok untuk dijadikan olahan minuman.

Buah jeruk segar rentan mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan perubahan-perubahan fisiologis buah yang terjadi selama penyimpanan. Pengolahan buah jeruk menjadi minuamn sari buah selain praktis juga dapat meningkatkan umur simpan dari buah jeruk.

Kelemahan sari buah jeruk saat ini adalah suspensi nya yang tidak stabil, sehingga saat penyimpanan dalam waktu yang lama menciptakan pemisahan antara padatan dengan air. Pemisahan ini menyebabkan kenampakan produk menjadi tidak bagus dan menurunkan kualitas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menstabilkan minuman sari buah adalah dengan menambahkan bahan penstabil. Salah satu bahan penstabil yang dapat digunakan dalam pembuatan minuman sari buah adalah CMC.

Pembuatan minuman sari buah jeruk sangat mudah dan dapat dilakukan dirumah dengan peralatan-peralatan yang sedehana. Beberapa alat yang dipelukan adalah mesin pemeras jeruk, atau Jestrozen juga bisa menggunakan alat pemeras jeruk manual, selanjutnya kita membutuhkan panci, baskom, pengaduk, gelar ukur, sendok takar, timbangan , sertaa kompor. Selanjutnya untuk bahan-bahan yang diperlukan adalah

  1. Sari buah jeruk keprok terigas hasil perasan 400 ml
  2. Air matang 600 ml
  3. Gula pasir 80 gram atau sesuai selera
  4. CMC 0,1 gram
  5. Pengawet Natrium Benzoat 0,08 Gram jika diperlukan

Proses pertama yang dilakukan dalam pembuatan minman sari buah adalah melakukan pencampuran sari buah dengan air selanjunya CMC dicampur dengan gula, diaduk sampai benar-benar tercampur rata. Pencampuran ini bertujuan agar saat dimasukkan kedalam campuran air CMC tidak mengalami gumpalan. Proses selanjutnya adalah melarutkan campuran gula dengan CMC pada larutan air dan sari buah.

Setelah dipastikan semua bahan kering larut, maka kompor dapat dinyalakan dan dilakukan proses pemasakan. Proses pemasakan ini dinamakan proses pasteurisasi. Pasteurisasi dilakukan sampai suhu mencapai 75 0 C, dan dipertahankan selama 10 menit. Proses ini dilakukan dengan tujuan inaktivasi bakteri atau jamur yang dapat merusak sari buah. Apabila Jestrozen menghendaki penambahan pengawet, maka saat suhu mencapai 60 0 C, dapat dilakukan penambahan pengawet natrium benzoate.

Minuman sari buah jeruk keprok terigas yang telah dibuat ini, dapat bertahan disimpan di lemari pendingin selama 4 bulan. Jika ditambahkan pengawet natrium benzoate maka dapat meningkatkan umur simpan nya menjadi 5-6 bulan.

Nah, mudah sekali kan proses pembuatan minuamn sari buah ini. Jestrozen bisa segera mencoba membuat minuman ini dirumah. Oh iya, untuk resep minuman sari buah lain yang menggunakan varietas jeruk berbeda dapat dilihat video nya di youtube Jestro Channnel ya.

Jangan lupa untuk terus menerapkan pola hidup sehat dan menerapkan 5 M, agar kita dan keluarga bisa terhindar dari Covid 19.

Agenda
No event found!