Menuju Kebun Percobaan yang High Profile

MenujuKebunPercobaanHighProfile

Dalam rangka meningkatkan peran Kebun Percobaan (KP), Kepala Yantek Harwanto dan KTU Langgeng Sutrisno mengumpulkan para Kepala KP untuk brainstorming dan menindaklanjuti pertemuan pekan sebelumnya. Acara koordinasi ini berlangsung di saung KP Punten pada Jum’at 24 Oktober 2014. Hadir semua Kepala KP lingkup Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) yaitu KP Tlekung, KP Punten, KP Banaran, KP Kliran dan KP Banjarsari.

Kebun Percobaan (KP) merupakan salah satu unsur penting dalam kegiatan penelitian, pengkajian dan pengembangan pertanian, oleh karena itu sudah saatnya peran kebun percobaan lebih ditingkatkan seperti halnya pada saat Badan Litbang berdiri, kebun percobaan idealnya menjadi Research Station yang high profile. Saat ini kondisi KP lingkup Balitjestro membutuhkan support baik teknis maupun berbagai dukungan lainnya.

Selama ini yang sering disampaikan Kepala Badan Litbang Pertanian dalam arahannya adalah Badan Litbang Pertanian ke depan harus menghasilkan inovasi teknologi yang dipercaya dan hasil risetnya digunakan dan berdampak luas pada masyarakat, dua hal tersebut disebut sebagai scientific recognition dan impact recognition. Peran KP menjadi sentral untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas yang memenuhi kedua unsur tersebut..

KP Tlekung dan KP Punten sudah relatif tertata dan berkontribusi terhadap profil Balitjestro dalam perannya sebagai visitor plot, peningkatan unit pengelola benih sumber, maupun dalam penelitian seperti plasma nutfah, perbaikan mutu jeruk, dan berbagai penelitian lainnya. Namun, KP lainnya perlu peningkatan peran. Untuk itulah inventarisasi masalah dan program kerja unggulan harus dibuat agar di tahun 2015 berbagai dukungan itu dapat diberikan pihak manajemen. [ZH | Balitjestro]

MenujuKebunPercobaanHighProfileBalitjestro

 

 

Tinggalkan Balasan