Mengenal Keprok Maga

DSC_7611

Dalam BITE 2016 kemarin salah satu dari varietas jeruk yang ditampilkan adalah Keprok Maga. Mungkin tidak banyak yang mengenal jeruk ini karena memang belum di kembangkan secara luas. Keprok Maga merupakan salah satu dari sekian banyak varietas jeruk yang ada di kebun sumber daya genetik Balitbangtan .

Jeruk ini berasal dari Hutan Tinggi, Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Berdasarkan SK Pelepasan varietas No 216/kpts/TP.240/4/2001, jeruk jenis ini mempunyai keunggulan rasa buah yang manis, bentuk buah bulat gepeng, lembut dan mudah dikupas.

Keunggulan lain jeruk ini adalah penampilan buah yang menarik dengan warna kulit buah dan daging buah oranye. Selain itu mempunyai tekstur daging buah yang halus dan berair. Produktivitas jeruk ini juga cukup tinggi yaitu bisa mencapai 200 kg/pohon/tahun. Wilayah adaptasi jeruk ini berada di ketinggian 600 – 800 mdpl.

Melihat keunggulannya, jeruk ini sangat berpotensi untuk dikembangkan. Jeruk ini digemari oleh masyarakat dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Dengan dukungan dari semua pihak, keprok Maga akan berkembang dan tetap terjaga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. (fjr)

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event